oleh

Segede Gambreng, Ditemukan Berlian Seberat 706 Karat di Kono

Berlian seberat 706 karat.(thestar.com)
Berlian seberat 706 karat.(thestar.com)

Kabar6-Sebuah berlian seberat 706 karat ditemukan oleh seorang pendeta bernama Emmanuel Momoh, di Kono, sebuah distrik di Provinsi Timur, Sierra Leone.

Batu tersebut diyakini menjadi salah satu berlian paling besar di dunia. Diberitakan Reuters, gambar berlian tersebut diunggah ke situs kantor Kepresidenan Sierra Leone, sejak pekan lalu.

Berdasarkan keterangan sejumlah sumber di pemerintahan, dikutip dari National Geographic, berlian itu kini disimpan di kantor bank sentral Sierra Leone.

Dijelaskan, seorang pejabat lokal di Kono menyerahkan berlian itu kepada Presiden Ernest Bai Koroma, mewakili Emmanuel Momoh. Pemerintah Sierra Leone berencana melelang berlian tersebut.

Presiden Karoma menyampaikan ucapan terimakasih atas peran pejabat lokal yang lekas menyerahkan berlian itu kepada pemerintah, dan tidak menyelundupkannya. Demikian tertuang dalam pernyataan tertulisnya.

Meskipun ukuran berlian ini tergolong yang terbesar di dunia, tetap masih lebih kecil dibandingkan berlian Cullinan, yang ditemukan di Afrika Selatan pada 1905. Berlian tersebut tercatat memiliki berat 3.106 karat, dan dipotong dalam beberapa pecahan. ** Baca juga: Terjebak Kebakaran, Petugas Beri Napas Buatan ‘Mulut ke Mulut’ pada Seekor Anjing

Dua potongan terbesar sekarang menjadi bagian dari perhiasan di mahkota Kerajaan Inggris. Berlian lain seberat 1.111 karat juga pernah ditemukan di sebuah pertambangan di Botswana, pada 2015 silam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru