oleh

Seekor Kucing di Italia Jadi yang Pertama Didiagnosis Positif Corona Varian Inggris

Kabar6-Seekor kucing di Kota Novara, Italia, didiagnosis positif terinfeksi virus Corona varian Inggris, yang dikenal sebagai B117 atau 20I/501Y.V1. Kucing jantan dari ras varietas Eropa itu, dikatakan dokter, menjadi kucing pertama terinfeksi COVID-19 varian Inggris di Italia.

Berawal ketika kucing tersebut, melansir newsbreak, dilaporkan jatuh sakit, 10 hari setelah pemiliknya dinyatakan positif Corona dengan varian B117. Gejala yang dialami kucing termasuk masalah pernapasan. Ilmuwan dari Institut Penelitian Kesehatan Hewan Piedmont di Liguria menemukan infeksi Covid varian Inggris pada kucing tersebut setelah sebelumnya dilakukan pengujian.

Hasilnya, terbukti si pemilik yang menularkan virus, dan bukan sebaliknya. Para peneliti memperingatkan, orang yang dinyatakan positif Covid harus menghindari kontak langsung dengan hewan peliharaan. Danm hewan peliharaan hanya akan berisiko tertular virus Corona jika tinggal di lingkungan pemilik yang telah terinfeksi sebelumnya.

“Kasus kucing yang dinyatakan positif tertular COVID-19 varian Inggris itu tidak perlu menimbulkan kecemasan,” kata Bartolomeo Griglio, kepala Pencegahan Penyakit Menular Wilayah Piedmont. ** Baca juga: Perusahaan Asal California Bikin Bunker Antikiamat

Selain itu, Griglio mengatakan tidak ada bukti ilmiah bahwa kucing peliharaan berperan dalam penyebaran COVID-19. Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa kucing rentan terhadap infeksi Covid dari pemiliknya.

Namun kini, baik kucing maupun pemiliknya telah dinyatakan pulih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru