Sediakan Selalu 8 jenis Makanan & Minuman yang Mudahkan BAB

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian orang yang mengalami kesulitan saat buang air besar (BAB), seringkali memilih cara praktis yaitu mengonsumsi obat pencahar. Padahal, obat sejenis itu akan menyebabkan rasa mulas berlebihan dalam perut.

Salah satu solusi sehat yang sebaiknya Anda laukan untuk mempermudah BAB adalah mulai beralih ke bahan makanan alami yang baik untuk perut dan pencernaan. Dilansir Boldsky, berikut adalah delapan jenis makanan dan minuman yang dapat membantu melancarkan BAB:

1. Buah plum
Buah ini kaya akan serat dan seringkali digunakan sebagai obat pencahar alami. Buah plum mengandung sorbitol yang meningkatkan aktivitas di usus.

2. Pisang
Buah ini disarankan oleh banyak ahli kesehatan. Sebaiknya mengonsumsi satu atau dua pisang per hari untuk membantu melancarkan BAB.

3. Buah Berry
Berry kaya akan serat yang baik untuk kesehatan usus.

4. Kopi
Umumnya seseorang akan merasa selalu ingin buang air kecil setelah meminum kopi. Kandungan kafein di dalamnya merangsang reaksi dari saluran pencernaan sehingga menyebabkan pergerakan di usus menjadi lebih cepat.

5. Susu
Susu akan memiliki efek apabila Anda tidak toleran terhadap luktosa. Hal ini lantaran tubuh bisa jadi ‘menolak’ susu dan Anda mungkin akan menderita diare setelah meminumnya.

6. Brokoli
Sayuran brokoli kaya akan vitamin, mineral dan serat yang akan membuat usus tetap sehat. Konsumsi brokoli secukupnya, karena jika terlalu banyak akan membuat Anda sering ke toilet.

7. Segala jenis makanan pedas
Makanan juga dapat membantu merangsang ‘rasa’ ingin BAB karena mengandung capsaicin. Makanan pedas akan memberikan dampak panas dalam sistem pencernaan.

8. Alpukat
Buah alpukat juga dapat membantu memudahkan buang air besar. Buah ini mengandung banyak magnesium. ** Baca juga: Ada 2 Jenis Mimisan yang Sering Terjadi

Selamat mencoba.(ilj/bbs)