oleh

Sediakan Selalu 5 Jenis Buah yang Bantu Hindari Dehidrasi Selama Puasa

Kabar6-Selama menjalankan ibadah puasa, penting untuk menghindari dehidrasiatau kekurangan cairan, karena tubuh menjadi rentan mengalami sakit kepala, mudah lelah, masalah kulit, penurunan produktivitas, bahkan hingga mengganggu aktivitas hari-hari.

Dehidrasi terjadi saat cairan yang dikeluarkan jauh lebih banyak daripada yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan warna urine menjadi lebih gelap. Cara terbaik untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengonsumsi air minum sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Selain lewat air, Anda pun dapat menjaga kandungan air dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, yaitu jenis makanan yang mengandung kadar air tinggi, salah satunya adalah buah-buahan. Melansir beberapa sumber, berikut lima jenis buah yang dianjurkan karena memiliki kadar air yang dibutuhkan tubuh:

1. Semangka
Semangka memiliki kandungan air hingga 92 persen. Selain itu juga mengandung vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan magnesium. Selain mencegah dehidrasi, rutin mengonsumsi semangka ternyata bisa membantu mengontrol berat badan, karena dapat membantu mengurangi nafsu makan dan membuat perut menjadi lebih cepat kenyang.

2. Kelapa
Air kelapa disebut mengandung tingkat hidrasi hingga 95 persen. Selain itu, air kelapa juga sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena dalam setiap buah kelapa terdapat kandungan sodium dan zat lain yang dapat membantu menetralisir racun di dalam tubuh.

3. Belimbing
Hampir 91 persen buah belimbing terdiri dari air. Juga membantu menjaga kesehatan tubuh dan jantung karena memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan.

4. Jeruk
Jeruk, terutama jeruk Bali, juga bisa membantu menjaga jumlah cairan di dalam tubuh. Dalam setiap buah, terdapat 90 persen kandungan air, vitamin A, vitamin C, kalium, dan folat.

Rutin mengonsumsi jeruk Bali ternyata juga bisa menjaga berat badan ideal, karena jeruk Bali dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah, bahkan membakar lemak. Mengonsumsi jeruk juga bisa membantu menjaga tekanan darah.

5. Stroberi
Stroberi mengandung 91 persen air, vitamin C, mangan, dan antioksidan yang bisa mencegah dehidrasi, hingga membantu menangkal berbagai macam peradangan. ** Baca juga: Ngemil Malam Saat Bulan Puasa Punya Manfaat Tak Terduga

Rutin mengonsumsi stroberi akan mengurangi risiko terjadinya peradangan dan penyakit jantung, diabetes, kanker, dan alzheimer. Saat dikonsumsi dalam bentuk jus, usahakan untuk tidak menambahkan gula, ya.

Jangan lalai untuk selalu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru