oleh

Sederet Bahaya Mengintai Jika Anda Kekenyangan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketika dalam kondisi sangat lapar, Anda seringkali ‘balas dendam’ dengan menghabiskan makanan dalam porsi besar. Akibatnya, perut terasa kekenyangan. Namun tahukah Anda apa saja bahaya yang mengintai jika makan terlalu kenyang? Dikutip dari berbagai sumber, ini dia bahayanya:

1. Ganggu sistem pencernaan
Mengonsumsi aneka makanan tinggi lemak, terlalu pedas atau banyak mengandung gas bisa mengganggu kesehatan sistem pencernaan. Akibatnya, perut menjadi mudah merasa kembung, mual dan ingin bersendawa terus menerus. Jika dibiarkan berlarut-larut, bisa jadi organ pencernaan akan mengalami penurunan fungsi.

2. Berat badan merangkak naik
Sebuah studi yang dilakukan 2001 silam berjudul ‘Obesity’ mengungkapkan bahwa orang yang makan berlebihan memiliki risiko obesitas tinggi dan cenderung malas berolahraga.

Seiring dengan kenaikan berat badan, risiko sejumlah penyakit seperti pengerasan pembuluh darah, penyakit jantung, penurunan fungsi ginjal, diabetes dan stroke pun semakin bertambah.

Proses metabolisme mulai tak stabil dan mengalami kesulitan dalam mengolah kelebihan kalori yang masuk. Jika organ-organ tubuh terus dipaksa untuk mencerna asupan makanan yang masuk, lama kelamaan akan mengalami penurunan fungsi.

4. Kesehatan sendi & tulang ikut terpengaruh
Pertambahan berat badan yang berlebihan juga dapat membebani sendi dan tulang. Bagian yang paling terbebani adalah pinggang, punggung bagian bawah, dan kaki.

5. Memicu gangguan mental
Orang-orang yang mengalami obesitas akan kesulitan mendapatkan ukuran baju, minder dalam pergaulan, dan beban mental lainnya. Jika rasa malu dan frustrasi berlangsung setiap saat, tentu akan membuat risiko depresi, stres dan gangguan mental lainnya bertambah besar. ** Baca juga: Meskipun Menyegarkan, Ada Juga Lho Orang yang Benci Aroma Wewangian

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam mengonsumsi makanan. Berhentilah makan sebelum kenyang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru