Sebelum Berenang, Ada Beberapa Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Berenang menjadi salah satu pilihan orang untuk berolahraga sekaligus berekreasi. Di sisi lain, karena jumlah kalori yang terbakar sangat besar, Anda pun disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum berenang.

Meskipun demikian, ternyata Anda tidak begitu saja bebas mengonsumsi makanan ataupun minuman sebelum berenang, lho. Ternyata, melansir Go Dok, terdapat beberapa jenis makanan dan makanan yang sebaiknya dihindari sebelum berenang. Apa sajakah itu?

1. Makanan pedas & berlemak
Jenis makanan ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut seperti maag, kram perut atau gangguan pencernaan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menjauhi makanan berlemak dan juga yang digoreng.

Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, kacang ataupun ikan.

2. Makanan berserat tinggi
Makanan ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna, sehingga Anda dapat mengalami gangguan pencernaan dan juga mual. Namun jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, makanlah sehabis berenang agar dapat meminimalisir risiko penyakit jantung dan juga diabetes. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi antara lain adalah pasta gandung, kacang-kacangan dan brokoli.

3. Makanan manis
Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis sebelum berenang dapat membuat Anda merasa mual. Jadi, pastikan Anda memperhatikan label nutrisi makanan yang akan dikonsumsi terlebih sebelum berenang.

4. Seledri
Makanan yang mengandung seledri dapat menyebabkan reaksi kimia. Reaksi ini akan mengakibatkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet, sehingga di saat Anda terkena sinar matahari dalam kurun waktu yang cukup lama terutama saat sedang berenang di siang hari, akan menyebabkan kulit melepuh dan terasa perih.

5. Minuman berkafein
Sama halnya dengan makanan manis. Sebelum berenang Anda juga disarankan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan Anda mual hingga diare. Selain itu, kafein juga dapat membuat Anda merasa mudah dehidrasi. ** Baca juga: Jangan Salah, Buah Juga Ada yang Bikin Alergi

6. Jus Buah
Minuman seperti jus buah, juga dapat menyebabkan Anda merasakan gangguan pada perut seperti kembung dan juga kram. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada jus buah, dapat memberikan tekanan pada dinding perut sehingga Anda merasa tidak nyaman setelah mengonsumsinya. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Perhatikan lagi makanan atau minuman yang akan dikonsumsi sebelum berenang, ya.(ilj/bbs)