oleh

Sebaiknya Tidak Minum Obat Bersama Pisang

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian orang mengalami kesulitan menelan obat jenis pil atau kapsul. Karena itulah terkadang mereka menelan obat bersamaan dengan pisang agar terasa manis di lidah.

Namun tahukah Anda, menurut pakar kesehatan, menelan obat dengan buah pisang ternyata kurang baik bagi kesehatan? Menurut pakar kesehatan, dikutip doktersehat.com, kalium yang terkandung dalam pisang bisa mendukung denyut jantung serat gerakan neurotransmitter atau otot-otot saraf.

Jika seseorang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi dan mengkonsumsi obat inhibitor ACE, maka konsumsi obat ini bersama dengan pisang ternyata bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh, karena mampu menghalangi perubahan berbagai molekul aktif yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Obat ini juga memberikan efek samping berupa kalium yang semakin menumpuk pada tubuh. Jika dikonsumsi bersama dengan pisang yang kaya kalium, tentu Anda berisiko mengalami kelebihan kalium yang menumpuk pada tubuh atau yang disebut sebagai hyperkalemia.

Nah, hyperkalemia ini bisa menyebabkan gejala layaknya mual-mual, muntah-muntah, kelelahan, sesak napas, lambatnya denyut nadi, hingga ketidakteraturan denyut jantung. Dalam beberapa kasus, hyperkalemia juga bisa memicu kelumpuhan atau bahkan kematian.

Tak hanya buah pisang, pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa beberapa makanan lain sebaiknya tidak dikonsumsi bersama dengan obat-obatan, seperi jeruk bali atau grapefruit, kubis, dan juga keju. ** Baca juga: Ciri Orang Sehat Itu Seperti Apa Sih?

Lebih baik Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu agar cara kerja obat menjadi maksimal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru