oleh

SDN Pasar Baru 1 Kota Tangerang Juara Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Banten

Kabar6-Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasar Baru 1 Kota Tangerang gencar menunjukkan prestasi. Kali ini, mereka berhasil menyabet juara satu sekolah sehat tingkat Provinsi Banten.

SDN Pasar Baru 1 Kota Tangerang itu, mengungguli SDN 5 Banjar Sari, Kota Serang, terus SDN Pondok Jagung, Tangerang Selatan dan SDN Al-Qudwah, Kabupaten Lebak. Pengumuman kemenangan SDN Pasar Baru 1 tersebut pada 2 Juni lalu.

Kepala SDN Pasar Baru 1 Kota Tangerang, N. Yanti Suryanti mengatakan, berdasarkan Permendikbud 64 tahun 2015 bahwa sekolah harus menyelenggarakan sekolah sehat.

“Berdasarkan hal tersebut, kami SDN Pasar Baru 1 menyelenggarakan Trias UKS (Unit Kesehatan Sekolah),” ujar Yanti dalam keterangan video yang diterima oleh Kabar6.com, Jumat (11/6/2021).

Didalam pelaksanaan sekolah sehat tersebut, kata Yanti, terdapat indikator-indikator seperti melaksanakan pendidikan kesehatan, menyelenggarakan layanan kesehatan, menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, nyaman dan indah.

“Semua itu kami integrasikan ke dalam pembelajaran sehingga membentuk karakteristik siswa,” katanya.

Andreana Tiarany, Guru kelas 6 SDN Pasar Baru 1 Kota Tangerang menambahkan, untuk lomba sekolah sehat, kepala sekolah membentuk tim yang berasal dari guru-guru. Dari tim tersebut mempunyai masing-masing tugas.

“Terbagi tugasnya untuk bekerja sama dengan pihak LH (Lingkungan Hidup), Puskesmas Pasar Baru, dan membimbing siswa-siswa yang menjadi kader UKS dan Adiwiyata,” kata Andreana yang juga tim IT sekolah sehat SDN Pasar Baru 1 itu.

Andreana mengaku, dalam sekolah sehat tersebut mempunyai sejumlah tantangan. Sebab demikian, karena SDN Pasar Baru 1 itu merupakan yang pertama kali dari jenjang SD mengikuti lomba sekolah sehat.

“Tantangan pasti ada. Karena kami adalah yang pertama kali dari jenjang SD ikut lomba ini, karena sebelumnya hanya sampai tingkat SMP,” terangnya.

**Baca juga: Dua Perempuan Baru Lulus SMA Diamankan Satpol PP saat Jadi PSK

Meski demikian, menurutnya tantangan itu tidaklah terlalu berat. Karena saat ini, pihaknya tengah menyiapkan Adiwiyata Nasional.

“Karena kami sedang persiapan Adiwiyata Nasional, maka tidak terlalu berat untuk persiapan penilaian lomba sekolah sehat, dan sekolah kami sudah biasa untuk kerja tim seperti ini,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru