oleh

Sawah Terendam Banjir akibat Tol Serang-Panimbang, Bupati Lebak Diminta Surati Kementerian PUPR

Kabar6-Anggota DPRD Kabupaten Lebak Enden Mahyudin meminta Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya berkirim surat ke Kementerian PUPR terkait ratusan hektare sawah terendam banjir akibat pembangunan Tol Serang-Panimbang.

“Saya sampaikan kepada Ibu Bupati agar pemda mengirim surat ke Menteri PUPR agar penyelesaian dampak tol ini bisa segera ada langkah-langkah konkrit,” kata Enden, Kamis (22/4/2021).

Enden khawatir, jika hal itu tidak segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Pusat akan menjadi persoalan baru di saat Tol Serang-Panimbang sudah mulai beroperasi.

“Jangan sampai meninggalkan persoalan, kasihan rakyat. Jadi harus ada langkah-langkah penyelesaiannya, pembuangan air itu salurannya ke mana, di sisi lain posisi irigasi ada di atas,” terang politikus PDI Perjuangan ini.

Enden menyebut, banjir yang merendam ratusan hektare sawah di 4 desa tersebut membuat masyarakat merugi.

“Mestinya masyarakat bisa panen dua kali dalam setahun, tetapi karena air yang tidak surut-surut menjadi persoalan, menyebabkan gagal panen. Dan pertanian menjadi satu-satunya sumber pencaharian mereka, ini yang harus jadi perhatian pemerintah,” papar Enden.

**Baca juga: Tetua Adat Badui Sedih Lihat Gunung Liman Dirusak Tambang Emas Ilegal

Dia lalu menduga bahwa perencanaan proyek Tol Serang-Panimbang dilakukan dengan tidak matang

“Melihat kondisi sekarang ini seperti (Perencanaan) tidak matang. Memang kita tidak yakin ya karena ini kan proyek nasional, tapi kondisi di lapangan seperti itu,” tandasnya.(Nda)

Berita Terbaru