oleh

Satu Warga Cilegon Diduga Suspek Cacar Monyet

Kabar6-Salah satu warga di Kota Cilegon, Banten, diduga kuat suspek atau tertular cacar monyet atau mongkeypox. Hal itu terlihat dari gejala yang dialaminyabsaat memeriksakan diri ke Puskesmas Pulomerak pada Senin, 08 Agustus 2022 lalu.

Menurut Kepala Puskesmas Pulomerak, Isnayati, pasien berinisial Y dan berusia 60 tahun itu mengeluhkan sakit kepala, nyeri otot dan sakit punggung. Keluhan-keluhan tersebut hampir mirip seperti sakit cacar monyet.

“Pasien ini mengeluhkan adanya bintil-bintil mirip seperti cacar monyet atau monkeypox,” kata Kepala Puskesmas Pulomerak, Isnayati, Rabu (10/08/2022).

Puskesmas telah mengambil sampel PCR khusus cacat monyet, serum dan krusta dari terduga suspek beserta keluarga terdekatnya. Semuanya sudah dikirim ke Labkesda Provinsi Banten dan sedang diteliti.

**Baca juga:Guru di Cilegon Dapatkan Pelatihan Tilawah Membawa Al-quran

Menurut Kepala Puskesmas Pulomerak, Isnayati, penularan cacat monyet salah satunya disebabkan ada kontak erat dari monyet dengan manusia melalui gigitan hingga cairan tubuh.

“Semua sedang kami pantau, kami juga telah mengambil sampel spesimen ke pihak keluarganya. Ini kita lakukan agar tidak menyepelekan penyakit ini. Semoga pemeriksaan laboratorium hasilnya negatif,” terangnya.

Masyarakat yang merasakan gejala cacat monyet, diharapkan segera datang ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk diperiksa kesehatannya agar bisa ditangani secara medis dengan cepat.(Dhi)