oleh

Sarapan Sepotong Pizza Lebih Sehat Dibandingkan Semangkuk Sereal?

Kabar6-Seorang ahli diet pernah mengatakan, sepotong pizza akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk sarapan ketimbang sereal. Benarkah demikian? Rupanya sejumlah ahli diet tidak sependapat dengan hal itu.

Bahkan ahli diet bernama Sally Kuzemchak, MS, RD., melansir womantalk, merasa mungkin diperlukan penjelasan lebih jauh mengenai pernyataan tersebut. Menurut Kuzemchak, memang benar bahwa beberapa jenis sereal mengandung banyak gula dan dibuat dengan biji-bijian olahan rendah serat, yang hasilnya membuat Anda lapar satu jam kemudian. Di sisi lain, pizza memang memiliki protein (dan lemak) untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

Namun, perlu dilihat juga pizza seperti apa. “Pizza yang kulitnya terbuat dari gandum utuh dengan topping sayuran memang akan menghasilkan lebih banyak serat dan vitamin, serta jauh lebih sedikit natrium, daripada yang memiliki topping tiga lapis daging merah dan daging putih, yang tentu saja kurang sehat,” urai Kuzemchak.

Begitu juga dengan sereal. Dibandingkan dengan sereal yang manis, lebih baik Anda memilih sereal gandum dengan kandungan rendah atau tanpa gula.

Dan jika diberi susu serta beberapa buah beri atau irisan pisang, akan menghasilkan menu sarapan dengan kandungan hingga setengah dari serat yang dibutuhkan seharian, vitamin dan mineral berharga seperti zat besi dan kalsium, serta takaran protein yang layak.

Anda juga bisa menukar sereal dengan oatmeal yang ditambahkan pemanis alami, seperti buah dan kacang. Jika Anda mencari menu sarapan lebih gurih, telur terbukti menjadi salah satu sarapan paling mengenyangkan, bisa dicampurkan ke dalam oatmeal dengan topping alpukat, sayuran, dan keju.

Jadi, memang tidak ada salahnya jika sesekali sarapan dengan sepotong pizza, asalkan pilih yang memiliki topping sehat. ** Baca juga: Mengapa Anda Sering Mengalami Bau Badan?

Tetapi ini sebaiknya tidak dijadikan sebuah kebiasaan karena masih banyak menu makanan lain yang lebih sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru