oleh

Sarapan dengan Menu Olahan Telur Miliki Enam Manfaat Kesehatan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Meskipun telur disebut mengandung kolesterol tinggi penyebab penyakit jantung koroner, para ilmuwan Universitas Wake Forest dalam sebuah penelitian ilmiah tidak menemukan hubungan antara mengonsumsi telur dengan penyakit jantung.

Sebaliknya, para ahli kesehatan menyebutkan telur sebagai makanan yang sempurna. Putih dan kuning telur bekerjasama untuk menyediakan vitamin penting, lemak sehat, mineral, dan nutrisi lainnya yang rendah kalori.

Apa saja manfaat sarapan dengan menu olahan telur? Dilansir Dreamers dari laman Prevention berikut uraiannya:

1. Tingkatkan mood
Telur mengandung asam lemak omaga 3, seng, vitamin B, dan iodia. Semua nutrisi ini dapat membantu melawan kelelahan dan mengembalikan suasana hati yang buruk.

2. Menutrisi otot
Mengandung protein yang dapat melindungi otot dan termasuk makanan rendah kalori. Kandungan vitamin B-12 di dalamnya juga membantu otot berkontraksi. Tapi ingat, jangan tertipu dengan kata ‘alami’ pada kemasan atau karton telur. Ayam organik bisa berasal dari ayam yang diberi antibiotik dan pakan rekayasa genetika. Ini adalah dua hal yang dilarang dalam telur organik.

3. Lawan kanker
Wanita yang mengkonsumsi makanan tinggi kolin seperti yang terkandung dalam telur, memiliki 24 persen risiko lebih kecil dalam pengembangan kanker payudara. Sebagian besar kolin tersebut ada dalam kuning telur.

4. Menutrisi otak
Kandungan kolin dalam telur dapat membuat memori tetap tajam, sekaligus meningkatkan peleasan asetilkolin, neurostransmiter yang membantu otak menyimpan dan mengingat informasi lebih baik.

5. Sehatkan penglihatan
Telur adalah sumber makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang membantu mencegah degenerasi makula dan katarak. Pastikan untuk memakan bagian kuning telur.

6. Jaga berat badan
Para peneliti dari Universitas Negeri Louisiana menemukan bahwa orang gemuk yang memilih telur sebagai sarapan, setidaknya lima kali dalam satu minggu, kehilangan sekira 65 persen berat. Ilmuwan Universitas Saint Louis melaporkan, konsumsi telur di pagi hari menyebabkan seseorang makan lebih sedikit kalori sepanjang hari. ** Baca juga: Mengapa Selalu Mengantuk Usai Makan?

Sudahkah Anda mengonsumsi telur hari ini? (ilj/bbs)

Berita Terbaru