oleh

Sara, Golongan Darah Paling Langka di Dunia

abc.net.au
abc.net.au

Kabar6-Selama ini jenis golongan darah yang Anda ketahui adalah A, B, O dan AB. Ternyata ada satu lagi golongan ditemukan, namun merupakan jenis paling langka di dunia.

Golongan darah itu adalah Sara. Mengapa disebut seperti nama wanita? Dilansir abc.net.au, bermula saat dilakukan penelitan sample darah milih Sarah Culhane, oleh Yayasan Donor Darah Blood Service pada 1990.

Hasilnya membuat para peneliti sangat terkejut, karena darah yang didonorkan oleh Sarah menunjukkan reaksi aneh. Disebutkan, Sarah memiliki antigen jenis baru yang sangat berbeda pada seluruh antigen darah manusia yang selama ini ditemui.

Setelah dilakukan proses sekuensing DNA (deoxyribonucleic acid) dan uji antigen, ternyata darah kedua orangtua dan saudara-saudara Sarah pun memiliki kemiripan dengan wanita itu alias bukan jenis golongan darah normal pada umumnya.

Akhirnya para peneliti sepakat memberikan nama Sara pada golongan darah baru temuan mereka. Kasus ini pun didokumentasikan dalam jurnal kedokteran. Para peneliti menduga kalau hal ini hanya dialami oleh keluarga besar Sarah Culhane saja.

Selanjutnya pada 2010 seorang wanita hamil asal Kanada nyaris mengalami keguguran, sebab sistem imun perlindungan tubuh wanita itu telah menyerang janinnya, karena imun tersebut menganggap janin dalam perut sang ibu sebagai zat asing dan berbahaya.

Hal mengejutkan ditemukan setelah dilakukan penelitian terhadap ibu dan anak tersebut. Dokter yang meneliti sample darah mereka tidak menemukan sama sekali antigen sel darah merah yang berfungsi sebagai pemicu sistem imunisasi dalam tubuh.

Sample darah lalu dikirim ke Australia untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium darah. Hasilnya, sample janin tersebut memiliki kemiripan sempurna dengan jenis golongan darah Sara. ** Baca juga: Tanpa Semen & Batu Bata, Bangunan Ini Gunakan Tekstil Sebagai Bahan Konstruksi

Dijelaskan Rhiannon McBean dari Blood Service temuan tersebut mengungkapkan fakta baru medis kedokteran bahwa masih ada jenis golongan darah manusia yang belum pernah didengar sama sekali. Ditambahkan, mereka masih terus mencari keterkaitan keluarga lain yang mungkin saja memiliki jenis golongan darah Sara.

Dari 5.000 sample darah yang diuji coba lab, semuanya memiliki jenis golongan darah normal. Artinya, hingga saat ini baru ada dua keluarga yang memiliki jenis golongan darah langka Sara.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru