oleh

Santhara, Ritual Puasa Paling Ekstrem Oleh Agama Jainisme

Ritual puasa Santhara.(odditycentral)
Ritual puasa Santhara.(odditycentral)

Kabar6-Puasa tidak hanya dilakukan umat muslim. Ada salah satu ritual puasa yang dikenal dengan nama Santhara di wilayah India. Puasa ini dilakukan sepanjang hayat dan akan berakhir ketika manusia mencapai batasnya, yaitu meninggal dunia.

Kebiasaan puasa ekstrem ini ternyata merupakan salah satu ritual dari agama Jainisme. Dikutip dari Boombastis, Jainisme adalah agama yang bertujuan untuk menaklukkan kodrat syahwati dalam tata hidup manusiawi.

Diketahui, Jainisme memegang prinsip anti kekerasan. Sampai-sampai pengikutnya pun ada yang tidak berkenan mengonsumsi akar pohon karena hal itu akan melukai mahluk hidup lain di dunia.

Nah, ritual Santhara tidak mengenal waktu sahur dan berbuka. Bila ada orang yang berniat melakukan ritual ini, maka sebelumnya dia diwajibkan untuk bersumpah, yang berisi tentang kesanggupan mereka berhenti makan sampai benar-benar meninggal dunia.

Menurut data, hampir setiap tahun ada ratusan pemeluk kepercayaan Jainisme yang mengambil sumpah ini di India. Dan 60 persen di antaranya adalah wanita. Santhara menurut kepercayaan adalah sebuah cara untuk membersihkan diri seseorang dari yang namanya karma buruk serta mencapai tahap pembebasan dari siklus duniawi kematian dan juga reinkarnasi.

Sampai sekarang hanya ada satu orang yang berhasil menjalankan Santhara hingga 87 hari, yaitu Sadhvi Charan (60), seorang biksu. Tidak heran bila ada sekira 20 ribu orang datang untuk mengikuti proses kematian sang biksu. Sadhvi Charan sekaligus membuktikan bahwa sebenarnya manusia bisa-bisa saja menahan hasrat duniawi apabila mereka memang berniat. ** Baca juga: Lucunya Pikachu, Burung yang Bisa Bicara Seperti Karakter Star Wars

Santhara dikatakan sebagai salah satu ritual keagamaan yang ekstrem. Itulah sebabnya Pengadilan Tinggi negara bagian Rajasthan sempat melarang pelaksanaannya. Menurut pihak pengadilan, aksi semacam itu sama halnya dengan bunuh diri. Apalagi Santhara sudah dilakukan oleh ratusan orang setiap tahunnya.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru