oleh

Sandiaga Uno Sebut Produk Ekonomi Kreatif Asal Pandeglang Layak Diekspor

Kabar6- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membeberkan ada permasalahan yang terjadi dialami para pelaku ekonomi kreatif, terutama di bidang sumberdaya manusia.

Untuk itu, Sandi menegaskan pendamping dan pelatihan harus dilakukan secara kontinyu kepada para pelaku agar hasil produk yang dimiliki memiliki kualitas yang baik.

“Karena UMKM ini kadang kalau ada order 100 barangnya bagus, tapi kalau 1000 turun kualitasnya dan juga bidang pemasaran, kita sudah berkoordinasi agar Kemenparekraf bisa memfasilitasi dari produk-produk disini untuk ikut program-program kita,” kata Sandi saat bertandang ke Pandeglang, Jumat (20/8/2021).

Dalam kesempatan itu, Sandi juga mengapresiasi karya pelaku ekonomi kreatif yang terbuat dari bambu kualitas dinilai telah mendunia dan juga beras yang terbuat dari talas Beneng yang sudah bisa ekspor.

Sandi akan berkoordinasi dengan Menteri BUMN untuk meminta KUR yang diarahkan kepada para pelaku ekonomi kreatif di Pandeglang.

Tak cukup disitu, Sandi juga menyinggung soal tingginya angka pengangguran di Pandeglang, padahal jarak antara Pandeglang dengan Jakarta tidak begitu jauh. Untuk mengurangi pengangguran, kata Sandi kunci utamanya adalah pemberdayaan pelaku usaha kreatif.

“Pandeglang menghadapi isu pengangguran, padahal jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, tetapi tingkat penganggurannya sangat tinggi, tapi menurut saya kuncinya adalah pemberdayaan ekonomi kreatif karena akan membuka lapangan pekerjaan,”terangnya.

Sementara, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, Pemkab terus fokus mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi walaupun ditengah badai pandemi Covid-19. Di sini lain, Pemkab Pandeglang juga lanjut, terus mendorong desa wisata.

**Baca juga: Mati Suri Dihantam dua Bencana, Empat Jurus Sandiaga Uno Pulihkan Pariwisata di Pandeglang

“Insyallah kita akan melahirkan karya dan prestasi ditengah pandemi walaupun dengan modal terbatas. Kita akan dorong destinasi wisata lalu kepada penggiat ekonomi kreatif dari berbagai sektor sudah diberikan dorongan penuh, jadi insyallah Pandeglang yang dekat dengan Jakarta harus bisa produknya mendunia dengan menjaga kearifan lokal,”tandasnya.(Aep)

Berita Terbaru