oleh

Sampel Diduga Suspek Cacar Monyet Dikirim Ke Litbangkes Kemenkes Jakarta

Kabar6-Sampel swab orofaring, swab krustalesi dan serum darah yang diambil dari Y (60), pasien diduga suspek cacar monyet, sudah dikirim oleh Labkesda Kota Cilegon ke Litbang Kemenkes di Jakarta Kamis siang, 11 Agustus 2022.

Kini, Dinkes Kota Cilegon tengah menunggu hasilnya yang diharapkan bisa keluar dalam waktu cepat. Meski begitu, pihak dinas kesehatan belum bisa memastikan kapan hasilnya bisa keluar.

“Labaoratorium puskesmas melakukan pengambilan sampel dan dikirim ke Labkesda Kota Cilegon untuk dikirimkan ke Litbangkes Jakarta, untuk mengetahui diagnosa. Ya belum (ada hasilnya), (sampel) baru dikirim, hari ini oleh labkesda. Kita belum tahu kapan hasilnya keluar,” kata Kadinkes Kota Cilegon, Ratih Purnamasari, dikantornya, Kamis (11/08/2022).

Ratu bercerita awal mula munculnya dugaan lansia Y (60) terpapar monkeypox, saat dia mendatangi Puskesmas Pulomerak pada Senin, 08 Agustus 2022, sekitar pukul 09.30 dengan berbagai keluhan yang diderita, seperti munculnya bintil di ketiak hingga demam.

Mengantisipasi hal yang tak diinginkan, tim medis puskesmas kemudian mengambil sampel yang dibutuhkan untuk mendiagnosa kesehatan lansia Y tersebut. Kemudian, melakukan tracking ke keluarga yang tinggal bersamanya di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

**Baca juga: Satu Warga Cilegon Diduga Suspek Cacar Monyet

Selanjutnya, puskesmas meminta lansia Y dan keluarganya untuk melakukan isolasi mandiri dengan pantauan khusus dari tim kesehatan.

“Meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit monkeypox dan memastikan upaya penemuan kasus dan respon yang sesuai kriteria kasus pada pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit monkeypox yang telah diterbitkan oleh kemenkes per tanggal 30 Mei 2022, kami tetap melakukan pemeriksaan penunjang laboratorium,” jelasnya.(Dhi)