oleh

Sampah Tangsel Masih Ganjal Adipura

Kabar6-Obsesi dari Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk memperoleh Piala Adipura masih jauh panggang dari api.

Fakta itu ditilik dari penilaian pertama atau P1 di sejumlah titik pantau yang hasilnya kurang memuaskan.

Berdasarkan dokumen hasil P1 Piala Adipura Tahun 2013-2014 yang diperoleh kabar6.com, titik pantau di Pasar Ciputat memperoleh nilai 54,02 dan Pasar Cimanggis 55,55. Sementara pada titik Kantor Walikota memperoleh nilai 59,47.

Asisten Deputi I Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup, Sudirman, mengatakan dirinya telah menjelaskan 18 jenis komponen penilaian.

Menurutnya untuk mendongkrak hasil penilaian tidak bisa dikerjakan sendiri oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

“Tadi sudah saya ingatkan. Tugas terberatnya ada di Dinas Kebersihan, tidak boleh sampah dibiarkan menumpuk seperti itu. Kalau setengah bulan tidak diangkat-angkat saya sarankan untuk telepon walikotanya,” katanya di Pamulang, Selasa (11/3/2014).

Sedangkan rekapitulasi nilai Adipura 2014 Provinsi Banten, Kota Tangsel 72,43 dari tahun sebelumnya memperoleh 71,55. Kabupaten Lebak memperoleh nilai 75,85 dari nilai di tahun sebelumnya 73,74

Sementara untuk wilayah Kota Tangerang yang telah berhasil menyabet Piala Adipura selama lima kali berturut-turut pada P1 ini memperoleh 73,86 dari nilai di tahun sebelumnya 74,59. **Baca juga: Karir Sekretaris KORPRI Tangsel Terancam Tamat.

Sudirman menambahkan, untuk sistem penilaian tak ada yang berubah dengan tahun sebelumnya. “Tidak bisa bekerja sendirian Dinas Kebersihan, harus kolektif,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru