oleh

Sampah Tangsel Dibuang ke TPA Nambo Cuma Disetujui 50 Ton

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ajukan kerja sama pembuangan sampah ke TPA Nambo, Kabupaten Bogor, sebanyak 120 ton per hari. Realisasi yang disetujui hanya mencapai 50 ton.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman mengatakan, pihaknya tidak bisa memaksa. Kini pengelola TPA Nambo masih terus mempersiapkan infrastrukturnya.

“Apalagi Nambo kan dia regional, dari Bekasi, Depok, Tangsel,” katanya kepada wartawan, Kamis (23/6/2022).

Menurutnya, kini di TPA Nambo sedang finishing pengadaan insenerator. Pendekatan dengan pengelola pun masih terus dilakukan agar kuota pembuangan sampah asal Tangsel bisa ditambah.

“Rencananya 120 ton per hari, tapi ternyata Nambo kan belum siap. Egga masalah running jalan sambil ujicoba. Kemungkinan kita dapat slot bisa 50 ton per hari,” jelas Wahyu.

Menurut Wahyu, karakteristik Nambo yang menjadi lokasi pengelolaan sampah dari berbagai daerah membuat realisasi kerjasama pengelolaan sampah ke Kabupaten Bogor ini tidak dapat segera dilakukan.

**Baca juga: Bolos 10 Hari Beruntun PNS Kena Sanksi Pecat

“Target kami secepatnya, kalau perjanjian per awal tahun kan harusnya sudah jalan,” jelas dia.

Sementara saat ini, produksi sampah di Tangerang Selatan, setiap harinya mencapai 450 ton. Sampah – sampah itu dibuang ke TPA Cipeucang, Kecamatan Serpong.(yud)