oleh

Sambut Ramadan, Warga Kampung Maruga Bersih-bersih Makam Keramat

Kabar6–Menyambut datangnya bulan suci Ramadan penuh berkah, ratusan warga Kampung Maruga dari RT 001 hingga RT 007 melakukan kerja bakti di pemakaman keramat Maruga yang berlokasi di Jalan Pamulang 2, Kampung Maruga RT 004/04, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel).

Kerja bakti di pemakaman keramat Maruga ini merupakan tradisi yang setiap tahun dilakukan warga sebelum momen nyekar (ziarah makam) tiba.

Tokoh masyarakat Kampung Maruga, Samad Rian menjelaskan, sudah menjadi tradisi, warga Maruga kerap melakukan bersih-bersih makam termasuk makam kramat Nyai Kumpi yang merupakan sesepuh Kampung Maruga.

“Kerja bakti ini merupakan tradisi warga Kampung Maruga. Saban tahun kita kerap bergotong royong melakukan bersih-bersih pemakaman ini,” kata Samad, Senin (14/5/2018).

Senada, tokoh masyarakat Serua, Robert Usman yang juga mencalonkan diri sebagai calon legislative di 2019 mendatang menuturkan, sebagai warga negara yang baik harus dapat melestarikan cagar budaya yang ada di lingkungannya.

“Makam Nyai Kumpi adalah makam keramat dan salah satu cagar budaya yang ada di kota Tangerang Selatan tercinta ini. Sudah seharusnya kita dapat merawat dan melestarikannya. Dan, warga Kampung Maruga menjadikan kerja bakti pemakaman keramat ini sebagai tradisi turun temurun,” tegas Robert Usman.

Diinformasikan, ratusan warga Kampung Maruga dengan peralatan seperti cangkul, golok, clurit, pengki dan lainnya dengan semangat membersihkan sampah dan rumput-rumput liar yang ada di area pemakaman. Setelah ditumpuk lalu sampah tersebut di bakar.(fit)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru