oleh

Sambut Qunut, Pedagang Kulit Ketupat Banjiri Tangerang

Kabar6-Dua pekan menjelang lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah, euforia akan datangnya lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah mulai terasa.

Maklum, pada dua pekan ramadhan warga biasanya menggelar ritual rutin kunut atau yang juga biasa disebut ketupatan.

Setidaknya hal itu terlihat dari mulai menjamurnya pedagang sarang ketupat musiman di kawasan Pasar Anyar, Kota Tangerang.

Umumnya, para pedagang yang muncul berasal dari wilayah pelosok Tangerang, seperti Sepatan, Kronjo hingga Kecamatan Mauk.

“Permintaan kulit ketupat saat qunut tahun ini memang cukup banyak,” ujar Iwan, pedagang Sarang Ketupa asal Kecamatan Sepatan, Rabu (24/7/2013).

Selain itu, lanjut Iwan lagi, saat ini mencari bahan baku sarang ketupat (daun kelapa muda) lebih sulit dibandingkan biasanya. Hal itu mengingat banyaknya pohon kelapa yang sudah ditebang.

“Saya sudah berdagang disini sejak kemarin. Dan, hingga sekarang sudah laku enam ribu kulit ketupat. Ini adalah hari terakhir saya dagang untuk Qunut. Saya akan kembali dagang saat empat hari jelang lebaran,” ujar Iwan lagi.

Sementara, Siti Marisaha mengaku membeli kulit sarang ketupat untuk melakuykan ritual Qunut. Wanita ini membeli hingga 200 sarang ketupat, karena banyak titipan dari para tetangga.

“Qunut ini ritual rutin saat dua pekan ramadhan. Kebetulan banyak tetangga yang nitip, jadi saya beli sarang ketupat cukup banyak,” ujar Siti lagi.(rani/ali)

Berita Terbaru