oleh

Sambaran Petir Diduga Akibatkan 18 Ekor Gajah Liar Asia di India Mati

Kabar6-Seorang pejabat kehutanan meyakini bahwa petir telah membunuh kawanan gajah liar Asia yang berjumlah 18 ekor di wilayah terpencil timur laut India.

“Gajah-gajah itu, termasuk lima anak gajah, ditemukan mati saat hujan di hutan lindung Kondali,” kata Jayanta Goswami, pejabat satwa liar.

Penjaga hutan, melansir cbc.ca, mencapai daerah terpencil dan menemukan sebanyak 14 gajah mati di atas bukit dan empat di bawahnya. Laporan awal oleh dokter hewan mengatakan gajah disambar petir, tetapi Goswami mengungkapkan bahwa otopsi sedang dilakukan untuk memastikan penyebab pasti kematian gajah-gajah itu.

Cagar alam ini berada di distrik Nagaon negara bagian Assam, 150 kilometer di timur Gauhati, ibu kota negara bagian. Assam adalah rumah bagi sekira 6.000 atau lebih gajah Asia liar yang terus menerus keluar dari hutan untuk mencari makanan.

Para konservasionis telah mendesak pemerintah India untuk mencegah perambahan manusia dan untuk membuat koridor bebas bagi gajah untuk berpindah di antara hutan dengan aman. ** Baca juga: Aneh, Seorang Suami di India Malah Bantu Sang Istri Menikah dengan Selingkuhannya

Dalam beberapa tahun terakhir, gajah liar telah memasuki desa, merusak tanaman, dan bahkan membunuh manusia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru