oleh

Salip Buenos Aires di Argentina, Melbourne Jadi Kota yang Lockdown Terlama di Dunia

Kabar6-Warga yang tinggal di Kota Melbourne, Australia, sudah menjalani masa lockdown sebanyak 245 hari, hingga Minggu (3/10/2021) lalu. Rentang waktu ini disebut sebagai lockdown terlama yang pernah diterapkan di kota mana pun di dunia.

Artinya, Melbourne menyalip Buenos Aires, Ibu Kota Argentina sebagai kota yang paling lama mengalami lockdown. Sebelumnya, Buenos Aires memegang rekor terlama menjalani lockdown, yaitu 234 hari dari 20 Maret-11 November 2020, dan kemudian 10 hari lockdown singkat antara 21 Mei-31 Mei 2021.

Tampaknya rekor lockdown di Melbourne ini, melansir Skynews, masih akan terus berlanjut karena pembukaan kembali baru hanya akan mulai dilakukan jika target vaksinasi dua dosis mencapai tingkat 70 persen dengan perkiraan sekira 26 Oktober mendatang. Menteri Utama Victoria Premier Daniel Andrews, mengatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan untuk memperpanjang lockdown bila memang diperlukan.

Namun partai oposisi di Melbourne mengkritik kebijakan Pemerintah Victoria mengenai begitu lama dan ketatnya lockdown yang diberlakukan di Melbourne dan di kawasan regional Vicrtoria. ** Baca juga: Usai Menggigit, Seorang Wanita Asal Kenya Makan Jari Milik Temannya yang Diyakini Tengah Kerasukan Jin

“Lockdown bukanlah pertanda keberhasilan kebijakan. Itu adalah pertanda gagalnya kebijakan,” kata Matthew Guy, pemimpin oposisi dari Partai Liberal. “Ini merupakan bencana bagi kota kita, bagi negara bagian ini, bahwa Melbourne sudah begitu lama mengalami lockdown.”

Sementara itu ketika ditanya mengenai rekor Melbourne sebagai kota paling lama di dunia yang mengalami lockdown, Premier Andrews hanya memberikan komentar mengenai sikap sabar yang diperlihatkan warga.

“Saya hanya ingin mengatakan betapa bangganya saya dengan seluruh warga Victoria untuk berkorban, yang bekerja keras guna menyelamatkan nyawa dengan apa yang dilakukan,” katanya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru