oleh

Salah Ambil, Selama Bepergian Pria Ini Ternyata Gunakan Paspor Milik Temannya

Kabar6-Entah apa yang terjadi, seorang pria asal Inggris bernama Allan Poole (43), bisa lolos bepergian ke luar negeri dengan menggunakan paspor milik temannya. Diketahui, Poole berwisata bersama temannya ke Prague, Czech, lalu ke Newcastle via Amsterdam dengan menggunakan pesawat KLM.

Poole sendiri, melansir standard.co.uk, tidak sadar kalau telah salah mengambil paspor milik temannya, Steve Vincent, saat mereka mengisi formulir. Dalam laporan disebutkan, paspor atas nama Vincent sedikitnya telah dipindai sebanyak empat kali. Hal yang mengherankan, tidak seorang pun yang menyadari kekeliruan antara nama dalam paspor dan tiket pesawat.

Sama halnya, saat bagian pengawasan perbatasan memeriksa paspor, ketika akan meninggalkan area visa Schengen di bandara Schiphol, Amsterdam, juga tidak menemukan kejanggalan ini. Setibanya Poole di imigrasi Inggris, tidak ditemukan kesalahan paspor itu. Hingga sesampainya di rumah, Poole masih juga belum menyadari telah membawa paspor temannya.

Sementara, Vincent tertahan di Prague dan terpaksa mengurus paspor darurat di Kedutaan Inggris di Prague. Ia juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengurus paspor darurat sebesar 100 Poundsterling.

Vincent yang kesal karena temannya membawa paspornya bertanya ke KLM melalui Twitter. “Hi KLM Anda membiarkan teman saya dari Prague ke Newcastle dengan paspor saya (setelah kami salah ambil). Anda seharunya tidak membiarkannya masuk pesawat. Saya terperangkap di Prague. Apa yang Anda lakukan dengan hal ini?” demikian cuitan Vincent.

Menurut pihak Kedutaan Inggris di Prague, peristiwa tertukar paspor dan tidak dipersoalkan oleh pihak imigrasi maupun maskapai adalah hal yang biasa terjadi.

“Ini sebenarnya sangat umum terjadi, saya jujur pada Anda, orang tak sengaja bepergian dengan paspor orang lain, itu terjadi. Itu terjadi di Inggris, orang pergi mungkin dengan paspor anaknya terkadang tidak diperiksa, itu terjadi. Pengawas perbatasan terkadang tidak melihatnya, saya tidak tahu apa alasannya,” kata juru bicara Kedutaan Inggris di Prague.

Selama dalam perjalanan dengan membawa paspor temannya, dikatakan Poole, ia sempat gagal memasukkan e-paspor di Amsterdam, tapi dia diizinkan masuk. Begitu juga di Newcastle, petugas melihat paspor itu dan melambaikan tangannya sebagai tanda Poole boleh masuk. ** Baca juga: Ditemukan ‘Gerbang Menuju Neraka’ pada Sebuah Gua Ngarai Kapur di Inggris

Mungkin saat itu Poole memang sedang beruntung saja.(ilj/bbs)

Berita Terbaru