oleh

Sakit Kepala Seperti Apa yang Bisa Bahayakan Kesehatan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat sakit kepala datang, terkadang Anda tidak begitu mempedulikan, dan bergantung pada obat pereda sakit kepala yang banyak dijual bebas.

Padahal, sakit kepala yang tak biasa dapat menandakan beberapa kondisi tubuh. Sakit kepala seperti apa yang dimaksud? Dilansir bintang.com dari Health Line, berikut penjelasannya:

1. Jika tak lama setelah minum obat, sakit kepala datang kembali, sebaiknya Anda merasa curiga. Terlebih jika sakit kepala terasa hingga 60 menit secara konstan. Sakit kepala ini dinamakan thrunder clap. Biasanya, terjadi sebagai tanda adanya pendarahan pada otak karena stroke atau pembengkakan pembuluh darah.

2. Sakit kepala yang sangat dibarengi dengan leher yang kaku, bisa jadi merupakan tanda meningitis atau radang otak (infeksi pada otak). Berbeda dengan meningitis, yang merupakan infeksi pada membran yang ada pada otak. Keduanya merupakan kondisi kesehatan yang fatal.

3. Terbangun dari tidur lantaran sakit kepala hebat, disebut dengan ‘alarm clock headache’. Sakit kepala ini memang membuat penderitanya bangun dari tidur. Meskipun tak membahayakan nyawa, namun sakit kepala ini sangat mengganggu. ** Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi Atau Malam?

4. Sakit kepala dibarengi dengan rasa mual, muntah-muntah, atau bahkan sensitif terhadap suara dan cahaya,  merupakan gejala migrain. Menurut catatan WHO, migrain masuk 20 besar penyakit yang menyebabkan kecacatan. Meskipun tak membahayakan nyawa, tapi migrain sangat memengaruhi kesejahteraan dan kesehatan seseorang.

Jangan abaikan gejala sakit kepala. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami sakit kepala yang tak biasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru