oleh

Saat Ramadan, 5 Negara yang Biasa Dikunjungi Umat Muslim

Kabar6-Saat bulan Ramadan, banyak orang yang menjalankan ibadah puasa di negara sendiri, berkumpul bersama keluarga. Namun, tidak sedikit juga yang memanfaatkan bulan Ramadan dengan mengunjungi negara lain.

Berada dalam budaya yang berbeda, mencicipi masakan Iftar tradisional di negara yang berbeda, serta berbaur dengan penduduk setempat, menjadi liburan Ramadan yang menarik. Melansir beberapa sumber, ada lima negara yang biasa menjadi tujuan liburan ideal selama Ramadan. Negara mana saja yang dimaksud?

1. Mesir
Kairo, Ibu Kota Mesir, merupakan destinasi wisata utama pada bulan Ramadan. Kairo memiliki bangunan-bangunan masjid bersejarah dari abad pertengahan.

Dua pantai di Hurghada dan Sharm El Sheikh, memiliki hotel-hotel yang ramah keluarga. Restoran di tiga wilayah tersebut menyajikan makanan buka puasa terbaik.

2. Malaysia
Suasana Ramadan di Malaysia sejatinya mirip dengan Indonesia. Di Kuala Lumpur pada saat Ramadan, adalah saat menikmati suasana pasar makanan khusus, yang mungkin hanya dijajakan saat Ramadan saja. Semisal bubur lambuk yang terkenal, bubur nasi lezat yang dibuat menggunakan daging, rempah-rempah, dan santan.

3. Turki
Berkunjung ke Turki, jangan lupakan pesona Masjid Biru dan berbuka puasa di atas kapal wisata melintasi Selat Bosphorus. Selain masjid-masjid yang mempesona dan banyak situs bersejarah, di berbagai sudut kota merayakan Ramadan dengan konser musik Sufi, bacaan Alquran, salat Tarawih, tausiah, dan bazaar yang gemerlap.

4. Maroko
Maroko merupakan negara dengan mayoritas muslim yang memiliki kebudayaan yang unik. Perpaduan peradaban Arab, Eropa dan Barber membuat Maroko penuh dengan keunikan sendiri.

Jika traveling ke Maroko, Anda akan dimanjakan dengan tradisi unik warga yang melaksanakan Ramadan. Ramadan di negeri yang dijuluki ‘Negeri Matahari Terbenam’ ini khas akan budaya islami yang masih melekat.

Selain keindahan alam yang memesona, Anda juga dapat menikmati sensasi Ramadan yang berbeda di Maroko. Berbagai bunyi-bunyian dan hiasan lampu menarik mewarnai keindahan kota.

5. Uni Emirat Arab (UEA)
Setiap bulan Ramadan, berbagai pusat perbelanjaan hingga hotel di Uni Emirat Arab saling lomba untuk mengadakan pasar Ramadan. Sharjah, kota paling besar dan paling padat ketiga di UEA, menyesuaikan jadwal tur kotanya selama Ramadan.

City Sightseeing Sharjah membuat jadwal baru bus tur keliling Sharjah, memulai operasi bus pada 20.30 setelah waktu berbuka puasa, sampai pukul 23.00 waktu setempat. ** Baca juga: Waktu Puasa Terlama Tahun Lalu Ada di 5 Negara Ini

Bus akan berkeliling kota sambil menyiarkan informasi mengenai berbagai tempat yang dilewati selama perjalanan, seperti jantung kota Sharjah, Museum Islam Sharjah, Pulau Flag, Al Montazah, Cultural Square, Gold Centre dan Museum Al Mahatta, bangunan bandara pertama di Sharjah.

Menarik, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru