oleh

Saat Kecil Sering Peluk Sang Ayah Jadi Sebab Wanita Ini Meninggal Dunia

Kabar6-Susan McGregor (58) mengalami masalah kesehatan, mesothelioma yaitu kanker yang menyerang mesothelium (jaringan yang melapisi berbagai organ tubuh), yang merenggut nyawanya. Hal yang tidak diduga, penyebab mesothelioma ternyata berasal dari kebiasaannya memeluk sang ayah semasa kecil.

Apa yang sebenarnya terjadi? Awalnya Susan mengaku mengalami sesak naas setelah berolahraga. Karena hal ini sudah sering terjadi, melansir doktersehat, ia pun memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. Betapa terkejutnya Susan setelah dokter mendiagnosis terkena mesothelioma. Padahal selama ini ia selalu menerapkan gaya hidup sehat, termasuk rajin berolahraga.

Meskipun sudah dipastikan tidak bisa disembuhkan, Susan tidak menyerah dan menjalani kemoterapi sekaligus operasi untuk mengangkat bagian tubuhnya yang sudah digerogoti penyakit ini. Sayang, 14 bulan setelah diagnosis penyakit ini, Sarah akhirnya meninggal dunia.

Setelah otopsi, diketahui bahwa penyebab dari datangnya penyakit mesothelioma ini adalah kandungan asbestos. Diduga, kebiasaan Sarah memeluk ayahnya setelah pulang kerja saat masih anak-anak. Dave, suami Sarah, menyebutkan jika ada dugaan ayahnya yang merupakan pekerja pipa di bidang konstruksi bangunan tanpa sengaja membawa partikel asbestos yang menempel pada bajunya. Saat memeluk sang ayah setelah pulang kerja inilah Sarah menghirup partikel asbestos tadi. ** Baca juga: High Heels Jadi Penyebab Wanita Muda Ini Kehilangan Anaknya

Diketahui, partikel asbestos ini bisa bertahan dalam tubuh hingga bertahun-tahun lamanya dan setelah 40-50 tahun kemudian, barulah muncul masalah kesehatan seperti yang dialami oleh Sarah ini. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan, biasanya mesothelioma baru akan muncul 20 tahun setelah seseorang terpapar asbestos untuk pertama kalinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru