oleh

Saat Jalani Detoks Gula, Ada 4 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Kabar6-Berlebihan mengonsumsi makanan manis dapat membahayakan kesehatan tubuh. Tidak hanya mengancam keseimbangan berat badan dalam jangka panjang, kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan tubuh terasa lemas, kurang energi, sampai timbul rasa mengidam layaknya kecanduan.

Salah satu solusinya adalah dengan melakukan detoks gula. Menurunkan kadar gula dalam tubuh memang tidak bisa dilakukan secara drastis, namun perlu proses bertahap agar tubuh tidak ‘kaget’.

Detoks gula,melansir beberapa sumber, dapat dilakukan dengan bantuan empat jenis makanan yang baik dikonsumsi setelah menyantap banyak makanan manis. Apa sajakah itu?

1. Protein dan lemak berkualitas
Kandungan lemak yang berkualitas dapat membantu Anda menurunkan keinginan untuk menyantap makanan manis. Sensasi ini juga dapat ditemukan pada makanan yang mengandung protein tinggi.

Keduanya membantu mengembalikan keseimbangan testosteron dan hormon lainnya yang terkena dampak asupan gula. Perbanyak konsumsi telur, salmon, daging, dan minyak kelapa untuk mengembalikan keseimbangan tubuh selama periode detoks gula.

2. Makanan berserat
Kandungan fiber membantu agar energi lebih stabil dan menekan keinginan mengonsumsi gula dengan cara mengatur kadar gula darah. Makanan berserat juga memberi asupan bagi bakteri baik dalam organ pencernaan yang terdampak kelebihan gula.

Makanan berserat yang baik bagi kesehatan tubuh selama detoks gula yaitu sayuran seperti asparagus, brokoli, wortel, mentimun, seledri, dan kentang.

3. Antioksidan
Makanan yang mengandung antioksidan membantu tubuh menghadapi inflamasi sistemik dan memperbaiki organ yang terdampak oleh kelebihan gula. Kopi dan teh hijau menjadi contoh minuman kaya antioksidan yang baik dikonsumsi, termasuk kol merah, blackberry, dan raspberry.

4. Makanan yang membantu menekan ‘ngidam’ gula
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula akan menimbulkan sensasi dalam otak yang sama seperti kecanduan zat adiktif lainnya.

Jika Anda mulai merasakan kondisi ini, sebaiknya segera mengonsumsi makanan yang mampu menekannya, seperti dark chocolate (cokelat hitam) dengan kadar 85 persen ke atas, guacamole, dan daging.

Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan kandungan lemak. Macadamia dan almond, khususnya jika dikonsumsi mentah, sangat baik bagi kesehatan tubuh. ** Baca juga: Benarkah Stres Bisa Bikin Rambut Beruban?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru