oleh

Saat Berada dalam Ruangan Ber-AC, Perlukah Ganti Masker?

Kabar6-Selama pandemi COVID-19, Anda harus selalu memakai masker saat berada di luar rumah, termasuk ketika Anda sudah mulai masuk kantor. Biasanya, ruangan perkantoran dilengkapi dengan AC.

Nah, perlukah kita mengganti masker saat berada dalam ruangan ber-AC? Saat berada di ruang AC, melansir Sindonews, Anda disarankan untuk menggunakan masker dan menggantinya selama empat jam sekali. Untuk masker kain bekas pakai langsung direndam sabun cuci. Untuk masker medis sekali pakai langsung buang. Jadi, dalam sehari sebaiknya menyiapkan tiga sampai empat masker kain yang diganti setiap empat jam.

Penggunaan masker di ruang ber-AC maupun ruang terbuka bersifat sama. Syaratnya jangan sentuh masker, dipegang pada bagian pinggiran saja. Sebelum menyentuh masker, lebih baik mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.

Penularan utama dari COVID-19 adalah melalui droplet atau percikan air yang berasal dari batuk, bersin atau berbicara, sehingga harus menjaga jarak minimal 1,5-2 meter agar droplet seseorang tidak menjangkau kita.

Namun, penularan melalui udara juga kemungkinan terjadi bila melakukan prosedur medis yang menghasilkan aerosol seperti nebulizer, intubasi, terapi oksigen. ** Baca juga: Antioksidan Jadi Asupan Penting Saat Jalani Diet Sehat

Di ruang ber-AC yang tertutup dan tidak ada sirkulasi udara, droplet dapat bertahan beberapa jam dan melekat di barang-barang. Antara lain seperti sofa, buku, pajangan, pegangan pintu, yang kemungkinan dapat terembus oleh dorongan udara AC sehingga dapat terhirup, kemungkinan lain droplet tersebut dipegang oleh seseorang lalu mengusap hidung, mata atau mulut sehingga tertular.

Apabila ada orang yang positif COVID-19 masuk ruangan tertutup, segera setelah meninggalkan ruangan harus dilakukan sterilisasi ruangan, bisa dengan disinfektan atau sinar ultraviolet dan sirkulasi dan jendela harus segera dibuka.(ilj/bbs)

Berita Terbaru