oleh

Rutin Konsumsi Salad Bantu Otak Awet Muda

Kabar6-Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayuran dan bahan-bahan makanan siap santap. Salad didefinisikan oleh The Dictionary of American Food and Drink, sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau, disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain. Menurut sejarah, salad telah dikonsumsi orang Romawi dan Yunani Kuno.

Nah, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi sekira satu porsi sayuran hijau atau salad per hari terkait erat dengan tingkat penuaan otak yang lebih lambat. Dikutip dari Okezone, semakin sering mengonsumsi sayuran hijau dan salad, otak bakal lebih awet muda dan itu baik untuk kelangsungan hidup Anda. Pengendalian penuaan otak itu bahkan bisa sampai 11 tahun lebih muda.

Sementara itu studi di Universitas Rush menemukan fakta, orang yang makan setidaknya satu porsi sayuran hijau dan salad memiliki tingkat penurunan otak yang kecil, khususnya pada tes kemampuan mengingat. Penelitian ini juga mengungkapkan perbandingan usia otak, yaitu 10 tahun lebih muda dari mereka yang tidak makan buah dan sayur.

Profesor Martha Clare Morris, penulis studi dari Rush University Medical Center, Chicago menjelaskan bahwa menambahkan menu sayuran dan buah ke dalam makanan, maka dapat menjaga kesehatan otak Anda. “Penelitian ini melihat kasus demensia sebagai contohnya dan penyakit itu bisa ditekan dengan rutin mengonsumsi makanan hijau dan salad,” kata Martha.

Penelitian ini melibatkan 960 orang berusia rata-rata 81 tahun dan semuanya mengalami demensia. Para peserta diminta untuk menyelesaikan kuesioner tentang apa yang paling sering mereka makan setiap hari. Setelah itu, kemampuan berpikir dan ingatan mereka diuji selama waktu yang ditentukan. ** Baca juga: Apa Sebab Uban Sudah Tumbuh Saat Masih Remaja?

Terkait dengan pertanyaannya, peneliti mengajukan pertanyaan seberapa sering dan berapa porsi makanan yang mereka konsumsi dari tiga sayuran dan salad ini (bayam, kangkung, dan salad).(ilj/bbs)

Berita Terbaru