Rutan Jambe Kerahkan 7 WBP Bangun Fasos dan Fasum di Legok

kabar6.com
Kegiatan bertema Merah Putih Narapidana Bhakti Bagimu Negeri.(Ver)

Kabar6-Sebagai salah satu bentuk pengabdian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kepada masyarakat, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Tangerang, atau yang biasa disebut Rutan Jambe membangun fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) di Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan bertema Merah Putih Narapidana Bhakti Bagimu Negeri ini membangun pagar di salah satu Musala, pembangunan teras Mushala, dan pembabngunan saluran pembuangan air di Desa Ciangir.

Kepala Rutan Kelas 1 Tangerang, Dedi Cahyadi mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kami, khususnya WBP kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat dapat melihat keterampilan hasil pembinaan WBP selama di dalam rutan.

“Semua yang mengerjakan WBP yang memang memiliki keahlian dibidangnya. Dengan begitu, masyarakat dapat mengtahui hasil pembinaan yang dilakukan semasa di dalam rutan dan bentuk implementasi program pembinaan kami kepada WBP,” kata Dedi kepada Kabar6.com, Rabu, (1/8/2018).

Dedi menambahkan, dalam kegiatan itu, ada 7 WBP yang diterjunkan. Tentunya WBP dimaksud yang mendapatkan izin untuk keluar dan sudah dibekali dengan keterampilan dan juga dibekali dengan perlengkapan dan pakaian ala pekerja proyek pada umumnya.

Hal tersebut sengaja dilakukan, agar WBP bisa merasa nyaman saat bekerjasama dengan pekerja proyek lainnya.

“Selain keterampilan, kami bekali dengan helm, rompi, seragam, pokoknya seperti pada pekerja lainnya. Selain untuk keselamatan saat bekerja, perlengkapan itu juga agar WBP bisa merasa sama seperti masyarakat pada umunya. TUjuan utamanya, agar mereka tidak merasa terasing saat kembali kemasyarakat nanti,” ujarnya.

Sedianya, Dedi menyebut, bila awal pembangunan dimulai hari ini, Rabu (1/8/2018) dengan peletakan batu pertama yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, David Anderson.

Selain tujuh WBP, sepuluh petugas pemasyarakatan juga diterjunkan untuk mengawasi selama proses pembangunan berlangsung.**Baca juga: Kapolresta Tangerang Sambangi Kampus STTM Muhammadiyah di Tigaraksa.

“Tadi sudah dilakukan peletakan batu pertama. Ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Dharma Karyadhika pada tanggal (30/10/2018), dihari itu juga semua fasilitas umum dan fasilitas sosial yang kami bangun akan diresmikan,” pungkasnya.(Ver)