oleh

Rumus 3-2-2 Untuk Menyikat Gigi Susu Anak

Kabar6-Perbedaan antara gigi dewasa dan anak, terlihat dari struktur gigi susu yang cenderung lebih cembung. Selain itu, lapisan email gigi lebih tipis, lebih rentan terhadap iritasi dan strukturnya cenderung lebih renggang dibanding gigi permanen.

“Dengan kondisi ini, gigi susu lebih mudah menangkap kotoran. Karena itu gigi susu harus dalam keadaan bersih,” kata drg. Lelasari, Klinik Gigiku di BSD City, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepada kabar6.com, Lelasari menjelaskan, kebersihan makin penting, karena anak masih mengkonsumsi susu. Susu yang diminum terlebih bila sambil tidur, akan merendam gigi anak.

Susu akan menyebabkan suasana mulut menjadi lebih asam, dan cocok untuk pertumbuhan bakteri. Akibatnya gigi menjadi lebih mudah karies dan berlubang.

Nah, kondisi seperti itu, Lelasari punya rumus ampuh. Ya, rumus 3-2-2 dalam menyikat gigi anak. Angka 3 berarti 3 macam gerakan sikat gigi dengan memutar di bagian luar, menyikat dari dalam ke luar dan menggosok permukaan gigi. **Baca juga: Remajakan Kulit Anda dengan Ultherapy.

Angka 2 menunjukkan jumlah gosok gigi dalam sehari, yaitu usai sarapan dan sebelum tidur malam. Sedangkan angka 2 terakhir adalah lamanya bersikat gigi, yaitu selama 2 menit.(asri)

Berita Terbaru