oleh

Rumah Termahal di Amerika Dijual Seharga Rp3,6 Triliun

Kabar6-The Chartwell Estate, sebuah rumah mewah yang berlokasi di kawasan Los Angeles, dijual dengan harga sekira Rp3,6 triliun. Angka tersebut menjadikan rumah yang memiliki area taman super luas itu sebagai yang termahal di Amerika Serikat (AS).

Gelar termahal, melansir architecturaldigest, masih disandang The Chartwell Estate meskipun penjualnya sudah banting harga, karena saat dijual pada 2017 lalu, rumah ini bernilai sekira Rp5 triliun. Rumah yang dibangun pada 1933 ini memiliki 11 kamar tidur, 18 kamar mandi, serta interior yang didesain bergaya French Neoclassic. Polesan megah ini merupakan hasil karya arsitek kenamaan Sumner Spaulding yang juga sempat mendesain rumah mewah Greenacres Estate milik bintang film lawas Harold Lloyd.

The Chartwell Estate menempati lahan seluas 2.33 meter persegi, dilengkapi area ballroom untuk menjamu para tamu di acara spesial dan tempat penyimpanan wine berkelas dunia. Di bagian luarnya, Anda akan menemukan rumah kedua yang didesain oleh arsitek Wallace Neff, kolam renang berukuran 23 meter, lapangan tenis, serta taman yang ditata apik lengkap dengan air mancur.

Rumah super mewah dengan area parkir yang mampu menampung 40 mobil ini merupakan milik mendiang Andrew Jerrold Perenchio, pebisnis kawakan dan mantan CEO stasiun televisi Univision. Perenchio juga sukses berbisnis di industri musik, hiburan, dan olahraga, serta menjadi salah satu sosok penting di balik pertarungan tinju legendaris Muhammad Ali versus Joe Frazier pada 1971. ** Baca juga: Ternyata Nama 5 Selebriti Ini Tidak Ada di Walk of Fame Hollywood

Setelah wafat pada Mei 2017 lalu, sejumlah aset Perenchio pun dijual, salah satunya The Chartwell Estate yang kini dipasarkan melalui tiga agen properti sekaligus, yakni Hilton and Hyland, Coldwell Banker Global Luxury, dan Berkshire Hathaway Home Services. Penjualan rumah ini seolah menjadi medan pertarungan sengit para agen properti di AS.(ilj/bbs)

Berita Terbaru