oleh

Rumah Sakit Gonjiam, Tempat Paling Angker di Korea Selatan

Kabar6-Tidak hanya sejumlah tempat wisata yang indah sekaligus romantis, Korea Selatan (Korsel) pun memiliki tempat angker yang disebut paling seram, yaitu Rumah Sakit Gonjiam.

Ada sebuah rumor beredar, mengisahkan seorang dokter yang gila menjadikan pasien di rumah sakit tersebut sebagai kelinci percobaan dalam eksperimen kejam. Kematian pasien yang misterius diyakini sebagai pembalasan dendam hantu-hantu pasien terdahulu. Namun hingga kini, cerita-cerita itu belum terbukti kebenarannya.

Saking seramnya, tempat ini sempat diangkat ke layar lebar. Salah satunya adalah film yang berjudul ‘Gonjiam Haunted Asylum’. Film tersebut berhasil meraup jumlah penonton yang luar biasa di minggu awal penayangan.

Namun Anda harus mikir dua kali untuk berkunjung ke Gonjiam. Mengapa demikian? Melansir keepome, Anda harus mempelajari rutenya dengan baik karena penduduk setempat tidak akan memberitahu lokasi Gonjiam. Bahkan, mereka akan membohongi pengunjung dengan memberi alamat yang salah. Entah apa alasan yang membuat warga melakukan hal tersebut.

Apabila sudah berhasil menemukan gerbang besar Gonjiam yang tertutup rapat, Anda bisa masuk melalui celah kecil. Setelah merangkak, Anda akan menemukan jalan kecil menuju ke bangunan utama Gonjiam.

Para pengunjung Gonjiam mengatakan, mereka selalu merinding ketika berada dalam area rumah sakit tersebut. Warga sekitar juga sering mendengar teriakan minta tolong yang konon berasal dari pasien di Gonjiam, seolah-olah mereka sedang disiksa.

Diketahui, rumah sakit yang berdiri pada pertengahan 1950 ini merupakan rumah sakit jiwa. Gonjiam Psychiatric Hospital ini dikenal memiliki reputasi yang baik pada masanya. Tak hanya pasien gangguan jiwa biasa, banyak tentara yang mengalami depresi yang dirawat di rumah sakit ini.

Namun beredar isu, banyak pasien dan perawat yang dirawat di rumah sakit ini meninggal dunia secara misterius. Misalnya, meninggal dunia di ruangan atau dalam kantor mereka. Kejanggalan tersebut diperparah dengan tidak adanya keluarga pasien atau perawat yang mau buka suara untuk menjelaskan kejadian aneh tersebut.

Hal itu menambah rumor horor yang telah disematkan pada rumah sakit Gonjiam sejak lama. ** Baca juga: Potong Rambut Ala Tiongkok untuk Hindari Virus Corona

Pada 1990, rumah sakit jiwa Gonjiam berhenti beroperasi secara tiba-tiba. Dikabarkan, pemiliknya langsung menutup tempat ini karena pemerintah telah mengetahui eksperimen yang dilakukan di dalam rumah sakit. Setelah menutup rumah sakit, ia melarikan diri ke Amerika Serikat.

Sementara Atlas Obscura mengatakan, Gonjiam ditutup karena adanya masalah ekonomi, sistem pembuangan limbah, dan sanitasi. Masalah ini tambah parah dan membuat pemiliknya kabur ke luar negeri.

Akibatnya, rumah sakit ini terbengkalai dan ditutup hingga lebih dari 20 tahun lamanya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru