oleh

Rumah Lelang Jual Sebotol Anggur Prancis yang Disimpan di Luar Angkasa Seharga Rp14,3 Miliar

Kabar6-Setelah setahun penuaan di Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS, rumah lelang Christie’s mengumumkan menjual sebotol anggur Prancis seharga sekira Rp14,3 miliar.

Balai lelang Christie’s, melansir BBC, mengatakan bahwa botol anggur merek Petrus 2000 adalah satu dari selusin botol anggur yang diluncurkan ke orbit luar Bumi pada 2019 lalu, dan menghabiskan hampir 440 hari di luar angkasa sebelum dibawa kembali ke Bumi.

Sebotol anggur yang menghabiskan waktu di luar angkasa dibandingkan dengan sebotol anggur yang menua di Bumi dalam pencicipan, yang melibatkan lusinan profesional dan ilmuwan anggur, dan panel mengatakan bahwa botol anggur ruang angkasa itu ternyata memiliki profil rasa yang unik.

“Aromatiknya lebih berbunga dan lebih berasap. Hal-hal yang akan terjadi pada botol anggur seiring bertambahnya usia,” kata Jane Anson, seorang jurnalis dan peneliti anggur yang berpartisipasi dalam pencicipan botol anggur tersebut. ** Baca juga: Karyawan di Sebuah Restoran Cepat Saji Dipecat Karena Mandi dalam Tempat Cuci Piring

Dijelaskan Balai lelang Christie’s, sebotol anggur dijual dengan botol kedua yang sudah tua di Bumi, sehingga pembeli dapat membandingkan rasa keduanya. Penjualan tersebut juga mencakup botol, gelas dan pembuka botol yang terbuat dari meteorit.

“Setelah menghabiskan hampir 440 hari di luar angkasa, atau setara dengan 300 kali perjalanan ke Bulan, anggur Bordeaux yang legendaris bermerek Petrus kembali ke Bumi setelah diubah dengan cara yang, secara harfiah, keluar dari dunia ini,” terang Nicolas Gaume, CEO Space Cargo Unlimited, perusahaan rintisan yang mengirim anggur ke stasiun luar angkasa.

Botol anggur, dikatakan Balai lelang Christie’s, tersedia segera melalui penjualan pribadi, dan hasil penjualannya akan digunakan untuk mendanai misi ruang angkasa dan penelitian anggur di masa depan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru