oleh

Rumah Janda di Bojong Cikupa Terancam Ambruk

Kabar6-Sebuah rumah tak layak huni miliki Ibu Nani (55), warga Kampung Bojong, Desa Bojong, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, terancam ambruk.

Pasalnya, kondisi rumah janda beranak 8 ini, hanya ditunjang dengan menggunakan bambu dan kayu seadanya.

Suheri, Anggota DPD KNPI Kabupaten Tangerang Bidang Organisasi mengatakan, kondisi rumah berdinding gribik dan berlantai tanah ini cukup memprihatinkan.

Dirinya, kuatir rumah itu ambruk ketika terus-menerus ditimpa hujan dan angin. Apalagi, saat ini cuacanya sangat ekstrim.

“Kami, prihatin dan miris melihat kondisi rumah itu. Rumah itu, sangat tidak sehat dan atapnya pada bocor. Jika tidak segera diperbaiki, rumah itu dipastikan bisa rubuh,” ungkap Suheri, kepada Kabar6.com, Jumat (18/1/2013).

Saat ini kata Suheri, pihaknya bersama rekan satu organisasi merasa terpanggil untuk membantu janda yang hanya menggantungkan hidupnya sebagai buruh tani ini.

“Sejak seminggu lalu, kami sudah bergerak meminta sumbangan ke para dermawan yang ada di wilayah itu. Alhamdulillah, saat ini dananya sudah terkumpul sekitar Rp6 jutaan,” kata pria yang akrab disapa Callank ini.

Dana yang sudah terkumpul lanjut Callank, akan diserahkan langsung ke pemilik rumah, untuk keperluan rehabilitasi.

“Kami, masih terus mencari donatur untuk membantu supaya rumah ini bisa dibangun layak,” tuturnya.

Senada dikemukakan Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Tangerang, Zainal Abidin, selain mencari donatur dari pihak swasta, dirinya juga berharap kepada Pemerintah Daerah setempat agar membantu perbaikan rumah kumuh tersebut.

“Saya, minta Pemkab Tangerang agar mau membuka mata dan membantu pembangunan rumah ini. Kami perkirakan, dana untuk perbaikan rumah ini sekitar Rp20 jutaan lagi,” tandasnya.(din)

Berita Terbaru