oleh

RS Sari Asih Hadirkan Cath Lab, Untuk Pasien Jantungan

Catheterization Laboratory RS Sari Asih.(ist)

Kabar6-Kelainan jantung merupakan penyakit kardiovaskular yang paling umum terjadi. Tak hanya usia tua, kalangan muda kini juga banyak yang terserang penyakit mewnyeramkan ini.

Banyak  yang  tidak menyadari jika mereka terkena serangan jantung. Setelah terkena, mereka baru menyadari terdapat kelainan pada jantungnya.

Penyebab kelainan jantung ialah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah yang berfungsi menyuplai ke otot jantung. Sejumlah faktor risiko menyebabkan terjadinya gangguan ini, yaitu tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, faktor keturunan, dan usia tua.

RS Sari Asih Group merasa beryukur dengan hadirnya fasilitas catheterization laboratory atau Cath  Lab. Cath Lab adalah ruang pemeriksaan dengan peralatan pencitraan diagnostik yang digunakan untuk memvisualisasikan arteri jantung dan bilik jantung dan mengobati stenosis atau kelainan yang ditemukan.**Baca juga: Perhatikan Cara Olah Jenis Makanan yang Buruk Untuk Jantung .

Dengan Cath Lab, pemasangan ring pada jantung dan tindakan kateterisasi bisa dilakukan agar fungsi jantung bisa kembali normal. Pemasangan ring dapat dilakukan pada pasien yang memiliki riwayat sakit jantung, atau juga pada pasien yang sering mengeluhkan sesak pada dadanya.**Baca juga:Diduga Jantungan, Nenek Ini Tewas di Mardi Gras.

Meski demikian, sebelum dilakukan tindakan kateterisasi tetap harus melalui beberapa tahapan yang menjadi prosedur pengecekan. Karena keluhan sesak dada bisa dipastikan akibat penyempitan pembuluh darah ke jantung.(rls)

Berita Terbaru