oleh

Ritual Unik Jelang Pernikahan

ilustrasi bbsKabar6-Pernikahan merupakan moment sakral yang sangat dinanti bagi setiap insan, dimana janji setiap antara kedua belah pihak sehidup semati untuk mengarungi bahtera rumah tangga bersama-sama.

 

 

Menjelang pernikahan, biasanya digelar ritual sesuai adat istiadat daerah tempat tinggal si pengantin. Nah, beberapa negara di dunia memiliki ritual pernikahan yang aneh dan tidak biasa. Yuk simak ritual unik mereka:

 

1. Pengantin Dibuat Kotor

Setelah resmi mengucapkan janji sehidup semati, mereka harus mengganti baju pesta dengan baju keseharian. Ritual yang akan dijalankan adalah, pasangan pengantin tersebut akan disiram dengan cairan hitam yang berasal sirup, tepung dan beberapa bahan lainnya. Makna yang ada dalam ritual itu adalah untuk menjauhkan pengantin dari nasib sial dan terjauh dari roh jahat.

 

2. Pengantin Tidak Boleh Ke Kamar mandi

Ritual ini berasal dari Malaysia, yang tidak memperbolehkan pasangan pengantin ke kamar mandi selama tiga hari berturut-turut. Ritual ini tidak boleh dilanggar karena dipercaya nasib buruk akan menimpa kedua mempelai, seperti kematian anak maupun perceraian.

 

3. Ritual Pecah Piring

Pasangan yang telah menikah harus berdiri pada satu tempat dan bersiap-siap untuk dilempar beberapa piring oleh para tamu. Kedua pengantin wajib memukul piring tersebut hingga pecah. Makna di balik ritual ini adalah kedua mempelai mampu menghadapi banyak rintangan dan cobaan yang kelak akan mereka hadapi.

 

4. Membuat Kegaduhan

Ritual yang berasal dari Prancis ini sudah dijalankan sejak berabad-abad lalu, disebut charivari. Ritual ini terbilang sangat gaduh karena beberapa orang akan bernyanyi, menari dan bersenang-senang di depan rumah kedua mempelai. Biasanya beberapa orang akan membawa panci, wajan, dan peralatan masak lainnya untuk membuat gaduh. Bahkan mereka juga kerap menggedor-gedor pintu rumah mempelai yang menunjukkan rasa suka cita.

 

5. Menikah Dengan Hewan

Di India ada keyakinan bahwa jika seorang bayi perempuan memiliki gigi berakar pada gusi atasnya, itu pertanda bahwa bayi tersebut akan dimakan oleh harimau atau sesuatu dalam waktu dekat, karena hantu membencinya. Karena itulah para gadis wajib menikahi seekor binatang agar terlepas dari kutukan tersebut. Namun tentu saja pernikahan itu bukanlah upacara resmi, dan dilakukan setelah upacara pernikahan yang sebenarnya. Mempelai perempuan wajib mencium dan berfoto bersama hewan peliharaan mereka, untuk mengusir roh-roh jahat sehingga gadis itu dapat menikahi seorang laki-laki tanpa dirundung kesialan.**Baca juga: Ketahui Fakta Menarik Tidur Ngorok.

 

Bagi Anda yang sudah menikah, pernahkan menjalani ritual unik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan?(bbs)

Berita Terbaru