oleh

Ritual Aneh yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Kabar6-Setiap daerah sudah pasti memiliki adat istiadat yang berbeda satu sama lain, termasuk dalam menjalankan kebiasaan atau ritual yang diwariskan secara turun temurun.

 

Beberapa ritual yang ada menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Namun berikut adalah ritual menyeramkan yang sudah dilakukan sejak lama, di beberapa wilayah dunia ini:

 

1.Okipa

Ritual yang dilakukan oleh suku Mandan, Indian, ini dibuka dengan Tarian Bison, yang selanjutnya diikuti oleh atraksi pengorbanan diri.

 

Para prajurit dipaksa untuk menunjukkan keberanian fisik, dengan membiarkan para roh merasuki raga mereka. Para pemuda yang menjalani okipa diminta untuk tidak makan, minum, dan tidur selama empat hari.

 

Mereka lantas digiring untuk memasuki sebuah gubuk. Di sana, dalam kondisi kulit dada dan bahu ditusuk, para prajurit harus duduk dengan wajah tersenyum.

 

Kemudian mereka digantung di atap gubuk hingga pingsan. Prajurit yang pingsan dibawa ke bawah. Ketika terbangun, mereka diminta untuk memotong jari kelingkingnya.

 

2. Ritual Suku Unambal

Suku ini melakukan ritual modifikasi penis, agar anak laki-laki disebut pria sejati. Para tetua suku akan memotong kulit dari berbagai bagian tubuh anak laki-laki termasuk pantat, dada, lengan, dan bahu.

 

Di atas luka yang belum mengering itu lantas ditaruh pasir, agar dapat menghasilkan bekas luka yang indah. Suku Unambal juga mengharuskan anak laki-laki menjalani sunat.

 

Ketika anak laki-laki tersebut memiliki jenggot, mereka diwajibkan untuk menjalani ritual yaitu bagian bawah penis dipotong terbuka dari dasar hingga ke lubang kencing. Ritual ini dipercaya akan membuat penis lebih menarik dan lebih ringan.

 

3. Nagol

Ritual Nagol biasa dilakukan oleh penduduk Vanuatu, yang merupakan negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik. Ritual ini dilakukan setiap tahun yaitu pada April hingga Juni.

 

Nagol atau oleh dikenal dengan bungee jumping ini dilakukan tanpa peralatan keselamatan. Mereka hanya mengikatkan tanaman rambat pada kedua pergelangan kaki sebagai penahan.

 

Para penerjun harus tinggal di gubuk-gubuk yang dibuat khusus untuk pria, dan wajib  menghindari kontak dengan wanita, agar dapat menjernihkan pikiran.

 

4. Ashura

Merupakan ritual tahunan yang dilakukan kaum Syiah di seluruh dunia. Dalam ritual ini, orang-orang Syiah akan melukai tubuh mereka sendiri dengan rantai besi atau belati hingga bersimbah darah. Kaum Syiah percaya bahwa ritual Ashura dapat membebaskan mereka dari dosa.

 

5. Ritual mati ala Eskimo

Dalam ritual ini, orang Eskimo akan dibawa keluar ke laut dan dibiarkan sendirian hingga ajal menjemput. Orang Eskimo percaya bahwa ada dunia lain yang menanti mereka setelah mati. Para anak akan mengirim orangtua mereka pergi ke alam baka dengan cara yang bermartabat, tanpa menjadi beban bagi keluarga. ** Baca juga: Ini Dia Trailer Film Dengan Pengunjung Terbanyak di YouTube

 

Apakah di Indonesia pun terdapat ritual yang mengerikan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru