oleh

Ribuan Rumah Terendam, Delapan Kecamatan di Pandeglang Banjir

Banjir di Kabupaten Pandeglang.(tmn)

Kabar6-Banjir menerjang ribuan rumah di Kabupaten Pandeglang, Banten. Ketinggian air banjir hingga Kamis (9/2/2017) malam ini, antara 30 centimeter sampai 1,5 meter.

Akibat bencana itu, sebanyak 4.236 rumah terendam. Sementara ribuan Kepala Keluarga (KK) harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

‎Setidaknya, dari total 33 kecamatan yang tersebar di areal seluas 2.746,90 km persegi itu, setidaknya ada delapan kecamatan yang terendam banjir.

Kedelapan kecamatan dimaksud masing-masing adalah Kecamatan Patia, Pagelaran, Cikeusik, Sobang, Cigeulis, Panimbang, Angsana dan Munjul.

“Meski pemerintah sudah melakukan pembangunan tanggul, ternyata belum juga bisa mengatasi masalah banjir,” kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Banjir di Kabupaten Pandeglang disebabkan oleh meluapnya tiga sungai yang membelah wilayah tersebut, yaitu Sungai Cilemer, Cisanggoma dan sungai Ciliman.

Irna pun berencana merelokasi warga yang terkena banjir, meski terlebih dahulu harus membuat perencanaan yang matang.**Baca juga: Bupati Pandeglang Ajak Masyarakat Salat Subuh Berjamaah.

“Sebelum merelokasi, kita akan mengajak bicara warga agar mau direlokasi ke tempat yang lebih aman,” tegasnya.(tmn)

Berita Terbaru