Ribuan Hektare Lahan Pertanian di Kabupaten Tangerang Rawan Hama Wereng

kabar6.com
Petugas PPOPT BPP Sepatan bersama petani.(vero)

Kabar6-Sebanyak 1.470 hektare area pertanian padi di Kecamatan Sepatan dan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang rawan terserang hama Wereng Batang Coklat (WBC). Petugas Pengendalian Organisme Penggangu Tumbuhan (PPOPT) Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Sepatan mengindikasi adanya potensi populasi WBC cukup tinggi pada musim tanam kedua tahun ini.

Petugas PPOPT BPP Sepatan, Muslim Ansori mengatakan populasi hama WBC mulai terlihat di area pertanian padi Kecamatan Sepatan dan Sepatan Timur. Untuk mengantisipasi hal tersebut pihak BPP Sepatan sepakat melakukan penyuluhan penggunaan racun hama secara seimbang kepada para petani.

“Area pertanian padi di Kecamatan Sepatan dan Sepatan Timur sampai saat ini belum terjadi serangan hama WBC, tapi potensi hawa WBC cukup tinggi. Untuk itu kami mengantisipasi dengan para petani sebelum hama WBC menyerang lahan pertanian padi,” ujar Muslim, Senin, (2/7/2018).

Menurut Muslim, selain memberikan penyuluhan kepada petani, pihak BPP Sepatan juga telah membentuk posko yang menyiapkan racun untuk mengendalikan hama. Sehingga bila terjadi serangan hama WBC bisa langsung digunakan petani.

“Kami sudah siapkan posko. Di posko itu sudah disiapkan racun untuk digunakan petani,” tuturnya.

Muslim berharap kepada para petani untuk menyampaikan kondisi lahan pertanian padi miliknya ke petugas BPP Sepatan. Agar bila ada serangan WBC bisa langsung dibasmi.

“Tapi sampai saat ini berdasarkan pemantauan, hama WBC belum menyerang lahan pertanian padi di Sepatan dan Sepatan Timur,” ujarnyanya.**baca Juga: Gedung DPRD Tangsel Dikelilingi Semak Belukar.

Salah seorang petani di Kampung Priuk, Desa Kayu Agung, Kecamatan Sepatan, Murhadi mengatakan setiap tahun area pertania di Desa Kayu Agung selalu terserang hama WBC, sehingga para petani merugi akibat hasil panen yang rendah. Dengan adanya penyuluhan dari petugas BPP Sepatan diharapkan para petani bisa mengantisipasi serangan WBC.

“Dengan adanya penyuluhan dari BPP Sepatan petani bisa tahu cara membasmi hama WBC. Sehingga tahun ini petani tidak merugi akibat serangan hama WBC,” tambahnya.(vero)