oleh

Ribuan Buruh Asal Banten Bertolak ke GBK

ribuan buruh dari Tangerang saat bergerak menuju Jakarta.(shy)

Kabar6-Ribuan buruh dari berbagai serikat buruh di Tangerang, bergerak menuju Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Minggu (1/5/2016).

Ya, sejak pagi iring-iringan buruh bersepeda motor maupun bus tampak memenuhi sejumlah ruas jalan protokol menuju Jakarta.

“Meski May Day kali ini jatuh pada hari libur, kami tetap menggelar aksi, dengan titik kumpul utama di Jakarta. Karena bagi kami, May Day adalah moment dimana kami harus memperjuangkan hak kami secara internasional,” ungkap Susilo, Koordinator Aksi pada Serikat Buruh DPC K-SPSI Tangerang.

Sementara, Sekjen DPP Kongres Aliansi Buruh Indonesia (KASBI) Sunarno mengatakan, buruh yang dari Tangerang Raya, Serang dan Cilegon, berkumpul di Jalan Daan Mogot untuk kemudian berkonvoi menuju Jakarta.

‚ÄúTotal buruh dalam aksi May Day ini mencspai puluhan ribu. Karena selain dari Banten, juga ada perwakilan buruh dari Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi. Termasuk perwakilan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujarnya. **Baca juga: Banjir Rusak Rumah Warga di Tigaraksa.

Sunarno menyebut, dalam aksi kali ini buruh memfokus tuntutan pada pencabutan PP 78 tahun 2015 terkait pengupahan, pencabutan jaminan kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) serta, stop pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak.(shy/bad/rani)

Berita Terbaru