oleh

Rentan Infeksi, Jika Anda Malu Dengan Bentuk Tubuh Sendiri

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Banyak wanita yang masih tidak percaya diri dengan bentuk tubuh serta penampilan mereka. Sebagian besar merasa jika tubuh mereka jauh dari kata ideal.

Padahal, rasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh sendiri akan berdampak negatif terhadap kesehatan fisik.

Sebuah studi diadakan oleh para ahli dari Bucknell University, Amerika Serikat, dikutip dari Kompas, melalui riset untuk menguji apakah rasa malu terhadap bentuk tubuh akan memprediksi buruknya kesehatan fisik.

Para peneliti meyakini, bahwa seseorang yang mengalami rasa malu dan tidak percaya diri akan bentuk tubuhnya juga menderita pengurangan respon tubuh dan evaluasi kesehatan, yang berujung pada penyakit fisik, ketimbang mereka yang memiliki citra tubuh yang sehat.

“Rasa malu terhadap bentuk tubuh berkaitan dengan infeksi dan gejala-gejala lain. Ketidakpercayaan diri tersebut memprediksi peningkatan infeksi sejak usia remaja dan gejala lainnya, termasuk penurunan kesehatan,” tulis para peneliti dalam laporannya.

Para ahli dalam riset tersebut, melakukan dua rangkaian penelitian yang melibatkan masing-masing 177 dan 181 orang mahasiswi dengan metode survei.

Responden diajukan pertanyaan terkait berat badan, penampilan tubuh, hingga penyakit dan infeksi yang pernah diderita sejak remaja.

Pada studi pertama ditemukan bahwa mahasiswi yang tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya menunjukkan kerentanan terhadap infeksi.

Selanjutnya, studi kedua menunjukkan bahwa mereka yang tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya lebih sering mengalami infeksi namun lebih sedikit mengalami gejala buruknya kesehatan.

Kesimpulannya, studi tersebut menyatakan bahwa ketidakpercayaan diri dengan bentuk tubuh pun akan berdampak pada kesehatan fisik Anda. ** Baca juga: Intip Rahasia Tubuh Langsing Wanita Jepang

So, bagaimanapun bentuk tubuh Anda, kondisi itu adalah karunia terindah dari Yang Kuasa, untuk selalu disyukuri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru