oleh

Rencana Strategis Kongres Advokat Banten Tingkatkan Kualitas Anggota

Kabar6-Kongres Advokat Indonesia (KAI) menjalin kerja sama yang tertuang dalam nota kesepahaman atau MoU dengan Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Lembaga wadah berhimpun para advokat itu mengemban rencana strategis kedepan khusus bagi para anggotanya.

“Ya bagaimana untuk peningkatan kualitas dari anggota advokat. Nanti kita adakan langkah lebih lanjut peningkatan kualitas dari anggota,” kata pelaksana tugas (PLT) Ketua DPD KAI Provinsi Banten, Mohamad Anwar saat dikonfirmasi kabar6.com, Sabtu (1/10/2022).

Ia jelaskan, misalnya penambahan pengetahuan tentang perpajakan atau sertifikasi mediator. Bidang itu menjadi bagian tambahan dari profesi advokat.

Kemudian juga perlu ada peningkatan bila ingin mengantongi sertifikasi likuidator atau auditor hukum. Bidang tersebut memerlukan pendidikan lanjutan. Begitu pun bila ingin meningkatkan kompetensi menjadi ahli mediator.

“Nah ini kita upayakan ada sertifikasi-sertifikasi khusus. Mediator, pengacara pajak, audit hukum. Karena enggak semua pengacara mengerti audit hukum. Sama mediator juga enggak semuanya pengacara bisa menjadi mediator,” jelas Anwar.

Menurutnya, sejauh ini DPD KAI Banten sudah menggalang kerja sama deMisalnya komunitas motor. Untuk bisa mengadvokasi anggota melayani konsultasi hukum secara gratis.ngan sejumlah perguruan tinggi. Ada yang sedang dalam penjajakan, seperti Universitas Esa Unggul.

“Nanti kita menjajaki begitu dengan komunitas dan perguruan tinggi. Perguruan tinggi juga begitu misalnya nanti kita buka bantuan hukum pelayanannya kita buka untuk masyarakat atau civitas akademika atau mahasiswa yang butuh bantuan hukum,” terang Anwar.

Bahkan rencana kerja sama diperluas menggandeng kelompok masyarakat. Seperti komunitas motor, dan lain sebagainya. Nantinya komunitas masyarakat umum bisa mengadvokasi anggota melalui pelayanan konsultasi hukum secara gratis.

**Baca juga: Pesan ke ASN Pemkot Tangsel, Benyamin: Harus Siap Kerja Sabtu Minggu

Teknis pelaksanaan program peningkatan kualitas para advokat yang menjadi anggota diserahkan ke masing-masing Dewan Pengurus Cabang (DPC) KAI.

“Jadi pengembangan MoU itu luas. Pelayanan kerja sama yang diberikan. Itu saling menguntungkan. Nanti misalkan ada anggota kita yang ingin S2 itu juga nanti kita sampaikan di universitas yang kerja sama dengan kita,” tambah Anwar.(yud)