oleh

Relokasi ke Pasar Ciputat Para Pedagang Dijanjikan Gratis

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjanjikan tidak pungut biaya bagi para pedagang di Plaza Ciputat direlokasi ke Pasar Ciputat. Relokasi direncanakan sebelum bulan puasa mendatang.

“Itu kan pembangunan juga pakai uang rakyat uang APBD. Jadi mereka masuk ke Pasar Ciputat itu gratis, enggak ada biaya,” kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, Heru Agus Santoso saat dihubungi kabar6.com, Selasa (8/2/2022).

Meski demikian, lanjutnya, setiap pedagang tetap akan dipungut biaya retribusi. Ketentuan itu diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 tentang Retribusi Daerah.

Nominalnya retribusi di Pasar Ciputat yang masuk tipe 1, pada kios kering Rp 54 ribu per meter setiap bulannya. Kios basah tiap bulan dikenai retribusi sebesar Rp 57 ribu per meter.

Sedangkan los basah dipatok retribusi Rp 1.800 per meter setiap bulannya. Los kering setiap bulan ditarik retribusi Rp 1.700 per meter.

“Paling nanti selama di dalam nanti akan kita kenakan retribusi. Dimana-mana pake retribusi. Tapi untuk biaya untuk dapat tempat enggak ada,” jelas Heru.

**Baca juga: Musrenbang Pakualam 2022, Lurah: Prioritas PJU dan Drainase

**Cek Youtube: Pedes! Bahas Rencana Pemekaran Tangerang Utara

Nantinya penataan kios serta los pedagang disesuaikan dengan masing-masing zonasi komoditi. “Kita pengen tata biar bagus Pasar Ciputat,” tambahnya.

Meski demikian Heru belum menjawab apakah bagi pedagang yang punya tunggakan retribusi selama menempati lapak di Plaza Ciputat tetap wajib atau tidak menunaikan kewajiban membayar sebelum dipindahkan ke lokasi Pasar Ciputat.(yud)