oleh

Relawan Tagana Banten Diterjunkan Bantu Korban Banjir Jakarta

Kabar6-Sebagai dua wilayah yang bertetangga, hubungan Propinsi Banten dan DKI Jakarta harus berjalan harmonis dan berkesinambungan. Termasuk ketika bencana melanda keduanya.

Inilah salah satu dasar kehidupan bertetangga yang baik. Karena sedianya bencana tidak mengenal wilayah atau teritorial dan kelembagaan. Namun, jika ada tetangga yang menderita karena bencana, seharusnyalah kita bertindak memberikan bantuan.

Demikian diungkapkan Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banten H. Andika Hazrumy, terkait pengerahan tim relawan Tagana Banten untuk membantu warga korban banjir diwilayah Jakarta.

Ya, sebanyak 100 personil Tagana Sejak Senin (21/1/2013) lalu diberangkatkan ke Jakarta, untuk membantu warga korban banjir diwilayah tersebut.

Pengerahan relawan Tagana ke Jakarta, menyusul mulai berangsur surutnya banjir yang sebelumnya juga melanda wilayah Banten. “Sementara ini, banjir diwilayah Kota dan Kabupaten Tangerang, sudah bisa ditangani,” katanya.

Sedangkan personil yang diberagkatkan ke Jakarta sendiri, lanjut Andika, merupakan hasil seleksi dari Tagana Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota Serang.

“Mereka sudah teruji secara fisik dan mental untuk menghadapi medan bencana yang lumayan berat seperti di jakarta,” ujar anggota DPD RI asal Banten itu lagi.

Dan, lanjut Andika, selama di lokasi bencana Jakarta, Tagana Banten selalu berkordinasi guna membantu tim Tagana DKI Jakarta serta Pemprov DKI Jakarta.

Tim Tagana Banten ditempatkan di dua titik, yakni di Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dan Pluit, Jakarta Utara. “Tim Tagana Banten yang diterjunkan berada dibawah komando Tagana DKI Jakarta,” jelas Andika.

Keberangakatan 100 personil Tagana Banten sebelumnya juga dilepas oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Nandy Mulya dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Ino Sutisno Rawita.

“Tugas Tagana adalah pelayanan kemanusiaan. Pelayanan kemanusiaan tidak kenal batas wilayah dan berbagai batas lainnya,” ujarnya.(rani)

Berita Terbaru