oleh

Rejeki Banjir di Kota Tangerang, Warga Panen Ikan Limpasan Empang

Kabar6-Setiap terjadi bencana banjir rasa sebal bercampur peluh biasanya terbersit dalam benak warga. Namun hal itu justru sebaliknya dirasakan oleh warga korban banjir di sekitar Jalan Gatot Subroto KM 03 RT 01/01, Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Mereka mendapatkan rejeki dadakan akibat banjir pada musim 2021 ini. Banyak warga yang merasakan panen ikan. Bahkan ikan yang diperoleh berukuran besar.

“Ya enggak nyangka aja. Ikannya tiba-tiba menepi terbawa arus. Kayanya kecapean melawan arus sungai,” kata Kaman, salah satu warga, Sabtu (20/1/2021).

Warga manfaatkan banjir untuk mencari ikan dengan cara menyisir permukaan kali. Mereka menyerok ikan mabuk yang muncul dari derasnya luapan aliran banjir.

Raut Kaman terlihat girang lantaran dapat ikan mas indukan berbobot 3 kilogram. Ia mengira ikan air tawar yang terseret arus banjir berasal dari empang milik warga.

Kaman pun tampak begitu mudah menangkap ikan mas jumbo berwarna hitam. “(tangkap) ) pakai tangan terus di peluk ke dada. Ikannya juga gak ada perlawanan, sudah lemas ikannya,” ujarnya sumringah.

Selain Kaman, warga lainnya juga banyak yang panen ikan lele, gabus dan beton. Ikan hasil tangkapan langsung dibawa pulang ke rumahnya masing-masing.**Baca juga: Ribuan Jiwa Terdampak Banjir Telah Dievakuasi ke Pengungsian.

“Lumayan buat masak di rumah. Makan bareng lah ama keluarga,” ujar Julaeha, warga lainnya.(yud)

Berita Terbaru