oleh

Rayakan Peh Cun, Rano Karno Nyaris Tercebur ke Cisadane

Kabar6-Kehebohan mewarnai perayaan Peh Cun tahun 2014 di bantaran Sungai Cisadane, kawasan Kali Pasir, Kota Tangerang, Senin (2/6/2014).

Pasalnya, Plt. Gubernur Banten, Rano Karno yang turut hadir di acara pelestarian dan pengembangan budaya itu, nyaris tercebur ke Sungai Cisadane.

Kejadian berawal ketika artis senior yang sukses menjadi Gubernur mengantikan Atut Chosiah itu hendak melakukan seremoni menebar benih ikan di Sungai Cisadane, bersama Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin.

Namun, saat Rano Karno hendak menaiki perahu, tiba-tiba perahu oleng dan melorot menjauh dari dermaga. Situasipun sempat berubah menjadi heboh dan panik.

Apalagi, saat itu Staf Humas Pemkot Tangerang, Tri Manto yang bertugas melakukan peliputan, langsung jatuh dan tercebur ke dalam Sungai Cisadane.

Untungnya, Rano Karno masih bisa menyeimbangkan badan dengan berpegangan pada bambu penyanggah dan dibantu Tim SAR, hingga tubuhnya tidak sampai tercebur.

Meski keselamatan Plt Gubernur Banten sempat terancam, namun acara tetap berlanjut. Bersama Wakil Walikota Sachrudin, Rano Karno bahkan berkesempatan meninjau cagar budaya Benteng Heritage dan Boen Tek Bio.

Dalam sambutannya, Rano Karno mengatakan budaya Tionghoa merupakan budaya bangsa yang harus terus dipelihara. Agar perayaan berkesinambungan dan punya daya tarik bagi wisatawan, Pemkot Tangerang diharapkan membangun dermaga di bantaran Cisadane.

“Saya mengenal tradisi Peh Cun sejak masih kecil. Dan, saya berharap agar perayaan Peh Cun di Kota Tangerang terus dikembangkan, karena budaya ini juga sudah menjadi bagian dari kekayaan budaya Banten,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia perayaan Peh Cun Kota Tangerang, WS Rudi Guna Wijaya mengatakan, perayaan Peh Cun kali ini akan diwarnai sejumlah penampilkan seni budaya.

Seperti gambang kromong (akulturasi budaya Tionghoa dan Betawi), berebut bebek di sungai cisadane, lomba perahu naga, hingga ritual melembar bakcang dan tabur bunga ke sungai. **Baca juga: Tidak Segel WBC, DPRD & MUI Cibir Pemkot Tangerang.

“Perayaan Peh Cun juga sebagai penghormatan kepada perdana menteri Khut Gwan Qu Yuan),” imbuhnya.(arsa)

 

**Baca juga: Waspada…! Wanita GWR Diduga Terjangkit HIV/AIDS.

Berita Terbaru