oleh

Ratusan Penghuni Lapas Cilegon Terancam Tak Ikut Pilkada

Kabar6-Ratusan pemilih yang menjadi penghuni Lapas Kelas III Kota Cilegon, Banten, terancam kehilangan hak suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2015.

Bukan tanpa sebab, itu lantaran hingga saat ini belum ada petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang datang ke Lapas tersebut, guna memastikan jumlah pemilih.

Setidaknya, hal itu pun dibenarkan Kepala Lapas Cilegon, Hendro. Hingga kini, belum ada koordinasi terkait rencana digelarnya pemungutan suara bagi para penghuni lapas.

Alhasil, pihak Lapas pun belum mengetahui jumlah pasti penghuni lapas yang memiliki hak suara, untuk berpartisipasi dalam Pilkada yang dijadwalkan bakal dihelat Desember mendatang.

“Sampai saat ini belum ada petugas, baik dari KPU maupun dari kecamatan untuk berkoordinasi terkait pendataan pemilih maupun rencana Pilkada,” jelasnya Minggu (2/8/2015).

Padahal, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu, terdata ada 286 penghuni di Lapas tersebut yang memberikan hak suaranya. **Baca juga: Jelang Pilkada Serentak, Sosok Plt Walikota Tangsel Masih Buram.

“Dari total pemilih itu, 90 persen adalah warga yang berasal dan berdomisili di Kota Cilegon,” ujarnya.(tmn/din)

Berita Terbaru