oleh

Ratusan Ekor Satwa Langka Diamankan di Bandara Soetta

Kabar6-Petugas Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno Hatta mengamankan ratusan ekor hewan langka asal Indonesia dalam koper besar milik seorang warga Tiongkok dan dua Kuwait di Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Juru Bicara Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soetta, Zaenal Abidin mengatakan, hewan langka itu terdiri dari 97 ekor ular sanca batik, 1 Orangutan, 4 Siamang dan 3 Owa Jawa, 1 Kukang, 2 Kakak Tua Raja.

“Saat kami temukan, satu anak Siamang bahkan hampir mati karena dehidrasi, dan terhimpit oleh Siamang yang berat dan ukurannya jauh lebih besar,” ujar Zainal, Jumat (6/6/2014).

Dikatakan Zainal, sebagian besar satwa tersebut masuk dalam kelompok apendix I, yang nilainya tidak dapat diukur dengan nominal, karena merupakan kekayaan fauna Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

“Diduga satwa-satwa itu akan diperdagangkan,” ujar Zaenal lagi. **Baca juga: 76 Paket PRoyek Fisik DTKBP Tangsel Belum Dilelang.

Menurut Zainal, saat ini satwa tersebut diamankan di Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soetta, untuk kemudian dikembalikan ke habitat asalnya. Sementara warga TIongkok dan Kuwait dimaksud masih diperiksa intensif di Polres Bandara Soetta.(arsa)

 

Berita Terbaru