oleh

Rambut Bisa Ungkapkan Kondisi Tubuh Anda

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain dianggap sebagai mahkota wanita, siapa sangka rambut ternyata juga dapat mengatakan sesuatu tentang kondisi kesehatan Anda. Dilansir oleh Oprah, ada rahasia yang coba rambut katakan kepada Anda.

Penasaran? Dikutip dari Aura, berikut uraiannya:
1. Kekurangan protein & zat besi
Jika Anda mengalami kerontokan pada rambut, bisa jadi itu disebabkan oleh anemia karena kekurangan protein dan zat besi. Produsen protein dan zat besi tidak hanya terdapat pada ikan dan daging, tetapi juga pada sayuran hijau dan kacang-kacangan.

2. Perubahan kondisi tubuh
Jika Anda sedang sakit hingga mengalami penurunan berat badan, lalu beberapa hari kemudian berangsur membaik, namun mengalami kerontokan rambut, sebaiknya tidak perlu khawatir.

Menurut Amy McMichael, ketua Dermatologi di Universitas Wake Forest, dibutuhkan waktu sekira tiga bulan untuk rambut baru tumbuh dan rontok. Biasanya rambut selalu bereaksi pada sesuatu yang baru termasuk kenaikan berat badan. Hal ini menyebabkan rambut akan menyesuaikan diri dengan melepas rambut lama dengan rambut baru.

3. Masalah sampo
Jika sebelumnya Anda menggunakan sampo anti ketombe dan kemudian kepala sudah tidak berketombe lagi, mungkin Anda harus tidak lagi memakainya.

Sampo anti ketombe akan membuat rambut Anda menjadi kering hingga rusak. “Bahan kimia seperti sulfur dan antifungal agent yang terdapat dalam sampo anti ketombe dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kasar,” ujar Amy McMichael.

Amy menyarankan untuk membatasi penggunaan sampo anti ketombe hanya dua kali dalam seminggu, lalu diselingi dengan penggunaan sampo dan kondisioner yang kaya moisturizer agar kulit kepala dan rambut menjadi sehat.

4. Anda harus ke dokter
Jika Anda mengalami kerontokan tidak dalam batas wajar, sebaiknya segera ke dokter. Kerontokan bisa saja terjadi karena PMS atau stres, tetapi bisa juga karena gangguan autoimun seperti alopecia araeta atau disfungsi tiroid. ** Baca juga: Apa Saja Mitos Tentang Minuman Bersoda?

So, jangan abaikan apa yang rambut ‘katakan”.(ilj/bbs)

Berita Terbaru